PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA DADU BAGI PESERTA DIDIK KELOMPOK A DI TK KUNCUP MEKAR I DESA KARANGMLATI KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021

INTIYANI, - (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA DADU BAGI PESERTA DIDIK KELOMPOK A DI TK KUNCUP MEKAR I DESA KARANGMLATI KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INTIYANI.pdf] Text
INTIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INTIYANI NPM. 19156127. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan
Melalui Penggunaan Media Dadu Bagi Peserta Didik Kelompok A Di TK Kuncup
Mekar 1 Desa Karangmlati Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun
Pelajaran 2020/2021.” Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
UPGRIS.
Latar belakang penelitian ini adalah guru menyampaikan pembelajaran
mengenal bilangan, proses pembelajaran masih cenderung konvensional. Guru
kurang kreatif dalam memilih metode dan materi pembelajaran. Sehingga anak-
anak terlihat bosan. kondisi seperti ini menyebabkan kemampuan mengenal
bilangan anak kurang berkembang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penggunaan
media dadu dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak di TK
kuncup Mekar 1, dan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan
mengenal bilangan anak di TK kuncup Mekar 1 setelah menggunakan media
dadu.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya
ada tiga pertemuan. Subjek penelitian ini, yaitu anak kelompok A yang berusia
sekitar 4-5 tahun pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 orang anak.
teknik pengumpulan data penelitian, yaitu melalui observasi, wawancara, serta
studi dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan
mengenal bilangan anak di TK kuncup Mekar 1 setelah menggunakan media dadu
mengalami peningkatan yang optimal. Perkembangan peserta didik yang mana
pada pra survei di ketahui peserta didik yang mencapai standar penelitian
berkembang sangat baik hanya 2 orang (10 %) dan yang belom berkembang lebih
besar yaitu 8 orang (40%). Namun, terjadi perubahan setelah anak mendapatkan
Pelaksanaan pembelajaran meningkatkan kemampuan mengenal lambang
bilangan menggunakan permainan lempar dadu pada siklus I. Kategori
Berkembang sangat baik naik menjadi 8 orang (40 %) dan belom berkembang
menjadi 4 orang (20 %).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:48
Last Modified: 23 Oct 2024 01:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6100

Actions (login required)

View Item
View Item