PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING CHIPS SECARA ONLINE TERHADAP PENGEMBANGAN WAWASAN PILIHAN KARIR MASA DEPAN SISWA KELAS 11 SMAN 1 DORO KABUPATEN PEKALONGAN

AKHORIN, INTAKHOIRUL (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING CHIPS SECARA ONLINE TERHADAP PENGEMBANGAN WAWASAN PILIHAN KARIR MASA DEPAN SISWA KELAS 11 SMAN 1 DORO KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INTAKHOIRUL AKHORIN.pdf] Text
INTAKHOIRUL AKHORIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Intakhoirul
Akhorin.
17110158.
“PENGARUH
LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIPS
SECARA
ONLINE
TERHADAP
PENGEMBANGAN
WAWASAN
PILIHAN KARIR MASA DEPAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1
DORO KABUPATEN PEKALONGAN” Skripsi. Program Studi Bimbingan
dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021.
Pembimbing I Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd., M.Pd., Kons. Pembimbing II
Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd., Kons.
Latar belakang yang mendorong dilakukannya penelitan ini adalah
rendahnya wawasan pilihan karir siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya
bimbingan karir dalam pengembangan wawasan pilihan karir siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan
kelompok dengan teknik talking chips secara online berpengaruh terhadap
pengembangan wawasan pilihan karir masa depan siswa? Tujuan yang akan
dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Teknik Talking Chips secara Online terhadap Pengembangan
Wawasan Pilihan Karir Masa Depan Siswa SMA Negeri 1 Doro dilihat dari
Hasil Hipotesis Penelitian Eksperimen.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dalam bentuk One
Group Pre test-Post test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 61 anak.Sampel
yang diambil adalah 10 siswa dari kelas XI MIPA 1 dan XI IPS 3 dengan
menggunakan Teknik Simple Random Purposive Sampling. Tingkat
ketercapaian penelitian diperoleh melalui analisis hasil Pretest.
Hasil analisis angket Pre test dan Post testsiswa menunjukan rata-rata
persentase Pre test (67,27%) yang termasuk dalam kriteria sedang, persentase
rata-rata Post test (88,49%) termasuk dalam criteria tinggi, dengan persentase
rata-rata penigkatan 21,21%. Serta berdasarkan hasil uji wilcoxon diketahui
Asymp. Sig (2-tailed) 0,005 lebih kecil dari < 0,05. Kesimpulan hasil
penelitian bahwa Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking
Chips secara Online Berpengaruh terhadap Pengembangan Wawasan Pilihan
Karir Siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya layanan bimbingan kelompok dengan taknik talking chips secara
online dapat digunakan sebagai alternative guru BK dalam memberikan layan.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking
Chips secara Online, Karir Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:08
Last Modified: 22 Oct 2024 08:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6077

Actions (login required)

View Item
View Item