-, NAILASSAFA (2021) UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 23 GISIKDRONO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_NAILASSAFA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
NAILASSAFA. NPM 18156124. “Upaya Meningkatkan Perilaku Prososial Anak
Usia Dini Melalui Metode Sosiodrama Pada Kelompok B TK ABA 23 Gisikdrono
Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang.
UPGRIS Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah di TK ABA 23 pada
umumnya anak-anak saat kegiatan belajar dan bermain di lingkungan sekolah
masih banyak yang belum menunjukan perilaku prososial terhadap teman maupun
guru. Hal ini tampak dari adanya anak-anak yang belum menunjukkan perilaku
menolong, kurang menunjukkan perilaku menghibur , Perilaku mau berbagi dan
kurang menunjukan sikap kerjasama. Banyak anak-anak yang belum mengerti
tindakan seperti apa yang harus dilakukan ketika menemui situasi-situasi tersebut
sehingga guru harus selalu memberikan pengarahan kepada anak-anaknya saat di
sekolah. Permasalahan lain penggunaan metode bercerita yang kurang bervariasi
dan menarik sehingga anak didik menjadi pasif. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan perilaku prososial dengan metode sosiodrama di TK ABA 23
Gisikdrono Tahun Pelajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang dimulai
dari Minggu ke-1 tanggal 28 Desember sampai 30 Desember 2020, Minggu ke-2
tanggal 6 Januari 2021 sampai 8 Januari 2021. Subyek penelitian adalah anak
kelompok B yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak
perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat
perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4)
merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali
pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku prososial anak dapat
ditingkatkan
melalui
metode
sosiodrama.
Hal
ini
dibuktikan
dengan
meningkatnya jumlah anak yang menunjukan perilaku prososial dalam setiap kali
pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 2
anak atau 14,28% yang menunjukan perilaku prososial dengan penilaian baik.
Sedangkan akhir tindakan 11 anak atau 78,57% yang dapat menunjuak perilaku
prososialnya dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat
ditarik kesimpulan bahwa perilaku prososial kelompok B di TK ABA 23
Gisikdrono Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui metode
sosiodrama.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 08:03 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 08:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6068 |