UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI MEDIA GAMBAR DAN TULISAN BAGI ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI 40 KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG

-, MUNFARIDA (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI MEDIA GAMBAR DAN TULISAN BAGI ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI 40 KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_MUNFARIDA.pdf] Text
SKRIPSI_MUNFARIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Munfarida, NPM. 18156014. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MEMBACA AWAL MELALUI MEDIA GAMBAR DAN TULISAN BAGI
ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI 40 KECAMATAN TUGU TAHUN
PELAJARAN 2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan Universitas PGRI Semarang. UPGRIS
Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Pembelajaran
membaca di sekolah TK Pertiwi 40 menggunakan media ajar serta metode yang
diterapkan yaitu Gambar dn Tulisan Namun pada prakteknya cenderung melihat
worksheet membaca , dan menulis, dan guru mendengarkan anak didik satu
persatu sehingga membutuhkan waktu lama, anak yang belum mendapat giliran
membaca akan menulis dan menunggu. Meskipun guru mencoba dan masih
cenderung monton anak mudah bosan apalagi membacanya bergiliran
membutuhkan banyak waktu. Sehingga sangat penting bagi peneliti untuk
mencoba menerapkan penggunaan metode Gambar dalam meningkatkan
kemampuan membaca awal anak kelompok A di TK Pertiwi 40. Untuk
mengetahui seberapa jauh teknik media gambar dan tulisan dapat meningkatkan
kemampuan membaca awal, maka perlu diadakan penelitian tindakanTahun
Pelajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang dimulai
dari Minggu ke-1 tanggal 17 Maret 2021 sampai 19 Maret 2021, Minggu ke-2
tanggal 24 Maret 2021 sampai 26 Maret 2021. Subyek penelitian adalah anak
kelompok A yang berjumlah 20 anak. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus.
Tiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu: 1) membuat perencanaan, 2)
melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan.
Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan
menggunakan teknik diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perilaku prososial anak dapat ditingkatkan melalui metode sosiodrama. Hal ini
dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang menunjukan perilaku
prososial dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada
awal tindakan terdapat 2 anak atau 14,28% yang menunjukan perilaku prososial
dengan penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 11 anak atau 78,57% yang dapat
menunjuak perilaku prososialnya dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku prososial kelompok A di
TK Pertiwi 40 Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui metode
gambar dan tulisan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:44
Last Modified: 22 Oct 2024 07:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6046

Actions (login required)

View Item
View Item