HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

LUTHFIANA, INDAH (2021) HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INDAH LUTHFIANA.pdf] Text
INDAH LUTHFIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indah Luthfiana. NPM 17110058: “Hubungan Religiusitas Dengan Perilaku
Menyontek Pada Siswa SMA Laboratorium Universitas PGRI Semarang”
Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Dini Rakhmawati, S.Pd, M.Pd.,
Pembimbing II Padmi Dhyah Y., S.Psi., M.Psi., Psikolog. 2021
Penelitian hubungan religiusitas dengan perilaku menyontek pada siswa
SMA Laboratorium Universitas PGRI Semarang ini dilator belakangi oleh
fenomena bahwa siswa ternyata tidak lepas dari perilaku menyontek. Hasil
Analisis Angket Kebutuhan Peserta Didik menunjukkan rendahnya tingkat
religiusitas siswa dan tingginya tingkat perilaku menyontek.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi dengan metode survey.
Populasi data penelitian sejumlah 96 siswa, meliputi kelas XI MIPA 1, XI MIPA
2, XI IPS 1 dan XI IPS 2. Sampel penelitian ini sejumlah 77 siswa yang diambil
dengan teknik simple random samping. Alat pengumpulan data yang digunakan
adalah skala religiusitas dan skala perilaku menyontek. Berdasarkan hasil analisis
dapat diketahui bahwa siswa kelas XI SMA Laboratorium UPGRIS mempunyai
tingkat religiusitas dalam kategori tinggi (53,2%) dengan jumlah frekuensi 41
siswa. Sedangkan siswa lain mempunyai tingkat religiusitas sangat tinggi (45,5%)
dengan jumlah frekuensi 35 siswa dan dalam kategori rendah (1,3%) dengan
jumlah frekuensi 1 siswa. Kemudian tingkat perilaku menyontek dengan
frekuensi tertinggi pada siswa kelas XI SMA Laboratorium UPGRIS berada pada
kategori rendah dengan frekuensi sebanyak 46 siswa (59,7%), lalu tingkat
perilaku menyontek pada kategori sangat rendah dengan frekuensi sebanyak 21
siswa (27,3%) dan sisanya tingkat perilaku menyontek pada kategori tinggi
dengan frekuensi 10 siswa (13%). Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dapat
diketahui bahwa berdasarkan uji korelasi product moment diperoleh nilai
signifikasi 0,000 < 0,05 yang artinya dapat diambil kesimpulan bahwa kedua
variabel berkorelasi. Kemudian nilai koefisien korelasi (r) -0,613 dengan taraf
negative, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negative sempurna
dengan tingkat hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan
bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara religiusitas dengan
perilaku menyontek siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas PGRI
Semarang. Artinya semakin tinggi tingkat religiusitas siswa semakin rendah
tingkat perilaku menyontek siswa.
Kata Kunci : Religiusitas, Perilaku Menyontek, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:27
Last Modified: 22 Oct 2024 07:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6026

Actions (login required)

View Item
View Item