LISJAYANTI, MEGA FITRI (2021) EFEKTIVITAS BERMAIN DAKON TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_mega.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Mega Fitri Lisjayanti. 2021. “Efektivitas Bermain Dakon terhadap Kemampuan
Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 tahun”. Skripsi.
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang.
Kata Kunci: Kemampuan mengenal konsep bilangan, permainan dakon.
Kemampuan mengenal konsep bilangan sudah harus dimiliki oleh anak
dan harus mendapatkan stimulasi sejak usia dini agar dapat berkembang maksimal
karena kemampuan mengenal konsep bilangan sangat penting, sehingga
pengenalan konsep bilangan kepada anak, dilakukan dengan cara dan stimulasi
yang tepat dan menyenangkan. Salah satunya adalah melalui kegiatan
bermain.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah terdapat
pengaruh yang signifikan kegiatan bermain dakon terhadap kemampuan mengenal
konsep bilangan anak usia 5-6 tahun.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest posttest control
group design. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi
kemampuan mengenal konsep bilangan. Uji hipotesis dilakukan mengunakan uji
mann whitney. Analisis hipotesis uji mann whitney menunjukkan bahwa
permainan dakon terbukti efektif terhadap peningkatan kemampuan mengenal
konsep bilangan peserta didik kelompok B di TK PGRI Sarimulyo. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,005 lebih kecil dari
0,05, artinya ada perbedaan antara hasil belajar pretest dan postest sehingga dapat
disimpulkan permainan dakon terbukti efektif terhadap peningkatan kemampuan
mengenal dakon di TK PGRI Sarimulyo.
Disimpulkan bahwa penelitian menunjukkan permainan dakon efektif terhadap
peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia dini di TK PGRI
Sarimulyo. Peneliti lanjutan diharapkan bisa melakukan penelitian sejenis pada
anak usia dini dalam semua tingkatan usia anak, serta menambah jumlah sampel
yang diteliti dan memperluas lokasi penelitian sehingga diharapkan tingkat
generalisasi dari analisis lebih akurat, dan disarankan untuk menggunakan
instrumen penelitian lain yang dapat mempengaruhi kualitas hasil penelitian
menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:05 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6009 |