Istikhomah, Nirwana Nurul (2023) PENGARUH STRATEGI TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NIRWANA NURUL ISTIKHOMAH 20126003.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
NIRWANA NURUL ISTIKHOMAH. NPM 20126003. “Pengaruh Strategi
Team Quiz Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Sembungharjo 02
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar mata
pelajaran IPS siswa yang belum optimal, masih terdapat sebagian siswa yang
belum mencapai ketuntasan dalam belajar, strategi yang digunakan oleh guru
masih bersifat konvensional dan kurang optimalnya penggunaan sumber belajar
maupun media pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah strategi Team Quiz
efektif terhadap hasil belajar siswa?, 2) Apakah siswa dapat mencapai ketuntasan
hasil belajar dengan menerapkan strategi Team Quiz?. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Team
Quiz pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Sembungharjo 02 Semarang dilihat
pada ketuntasan hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk desain
Quasi Experimental Design. Sampel yang diambil siswa kelas VA dengan jumlah
25 siswa dan kelas VB dengan jumlah 25 siswa. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat
hasil thitung = 3,305 dengan nilai ttabel = 2,010 dengan demikian H0 ditolak karena
thitung > ttabel artinya Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
rata-rata antara kelas yang menggunakan strategi Team Quiz dengan kelas yang
menggunakan strategi konvensional. Kesimpulannya bahwa strategi Team Quiz
efektif terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang didapat disampaikan adalah
supaya strategi Team Quiz dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru
dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:46 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/600 |