HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS XI JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 9 SEMARANG

KUSUMAWATI, BERLIANI TRISILA (2021) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS XI JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 9 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of BERLIANI TRISILA KUSUMAWATI.pdf] Text
BERLIANI TRISILA KUSUMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Berliani Trisila Kusumawati. NPM 15110132: “Hubungan Antara
Konsep Diri dengan Perilaku Asertif Siswa kelas XI Jurusan Bisnis Daring
dan Pemasaran di SMK Negeri 9 Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Dini Rakhmawati M.pd, pembimbing II Dra. Tri Hartini,
M.Pd., Kons. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri
dengan perilaku asertif siswa kelas XI jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK
Negeri 9 Semarang”. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif dengan metode ex post
facto. Subyek penelitian adalah siswa SMK Negeri 9 Semarang, khususnya kelas
XI Bisnis Daring dan Pemasaran yang berjumalah 101 siswa. Penentuan subyek
penelitian menggunakan sampel jenuh, teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu wawancara dan hasil dari AKPD guru Bimbingan Konseling di SMK N 9
Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1)
Terdapat hubungan yang posistif dan signifikan antara konsep diri dengan
perilaku asertif siswa. Dibuktikan bahwa Fhitung > 0,05 atau 0,196 > 0,05 , maka
dapat disimpulkan kedua data tersebut homogen. (2) Terdapat hubungan liner
antara konsep diri dengan perilaku asertif. Dibuktikan dengan nilai hasil uji
linearitas perilaku asertif dengan konsep diri yaitu 0,694 > 0,05. (3) Nilai
koefisien regresi variabel konsep diri sebesar 0,381 menunjukkan jika variabel
konsep diri semakin meningkat, maka perilaku asertif semakin meningkat.
Dengan presentase sebesar 38,1%. Nilai koefisien determinasi R2 yang di
hasilkan sebesar 0,284 yang berarti bahwa sebesar 28,4% perilaku asertif
dipengaruhi oleh konsep diri, sedangkan sisanya 71,6% dapat dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti.
Guru BK hendaknya memberikan layanan bimbingan konseling yang
sesuai dengan kebutuhan siswa. Siswa yang memiliki kategori tinggi hendaknya
segera diberikan konseling individu. Sesuai dengan kebutuhan siswa saat itu.
Kata kunci: Konsep Diri, Perilaku Asertif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:51
Last Modified: 22 Oct 2024 06:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5998

Actions (login required)

View Item
View Item