PENERAPAN KONSEP PENYETARAAN BAHASA BERBASIS EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK DI TK MIRYAM

ANDRIYANI, MARIA (2021) PENERAPAN KONSEP PENYETARAAN BAHASA BERBASIS EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK DI TK MIRYAM. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_MARIA ANDRIYANI_18156041.pdf] Text
SKRIPSI_MARIA ANDRIYANI_18156041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MARIA ANDRIYANI. NPM 18156041. “Penerapan Konsep Penyetaraan Bahasa
Berbasis Edugames Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di TK Miryam.”
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh
Munawar, S.Pi, M.Pd dan Dosen Pembembing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya minat
belajar anak karena metode yang digunakan masih konvensional. Masalah dalam
penelitian ini adalah Meningkatkan kemampuan anak untuk menjawab pertanyaan
yang ditanyakan, memahami maksud dari bacaan ,mampu menyimak dan
menggunakan bahasa Inggris untuk kosakata yang sederhana dalam kegiatan
sehari – hari.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa
perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
sebanyak 16 anak kelompok TK.A Tahun Pelajaran 2020/2021. Dari hasil akhir
dengan menggunakan dua siklus diperoleh hasil peningkatan menjawab
pertanyaan yang ditanyakan pada Siklus I dengan hasil rata – rata adalah 69% dan
Siklus II ada peningkatan yang signifikan menjadi 81% indikator kerja tercapai.
Hasil Hipotesis yang berbunyi, penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa
apabila guru TK.Miryam menggunakan teknik konvensional dalam memberikan
pembalajaran dalam pemahaman bahasa sehari

hari anak mampu
mendengarkan, dengan media edugames anak dapat memahami arti dari perintah
atau pertanyaan sehingga dapat menjawab dan dapat menggunakan bahasa yang
baik dalam kegiatan sehari – hari. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa, pemahaman konsep bahasa sehari – hari dapat ditingkatkan melualui
media belajar yang berupa edugames.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah Guru dapat
meningkatkan motivasi belajar anak dengan menggunakan berbagai macam media
pembelajaran yang menarik agar anak dapat lebih bersemangat dalam belajar,
meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan tumbuh kembang anak sesuai
dengan tingkat perkembangan. Salah satunya adalah dengan media belajar
edugames, dengan memberikan stimulasi yang tepat maka pertumbuhan anak
dapat maksimal baik dalam, kognitif, sosial emosional, psikomotorik dan
religiositas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:45
Last Modified: 22 Oct 2024 06:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item
View Item