WIJIASTUTI, IKA TRI (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMANCING HURUF KELOMPOK B DI RA AN NUR PENGGARON KIDUL SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021 SKRIPSI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IKA TRI WIJIASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
IKA TRI WIJIASTUTI, NPM 18156113. Meningkatkan Kemampuan Membaca
Anak Melalui Permainan Memancing Huruf Kelompok B di RA AN NUR
Penggaron Kidul Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UPGRIS
Semarang. Universitas PGRI Semarang , 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan
membaca di RA An Nur masih kurang. Hal tersebut dibuktikan pada tahun ajaran
sebelumnya anak -anak di kelompok B masih banyak yang belum mampu
membaca dengan lancar. Anak masih sulit dalam membedakan huruf dan
merangkai sebuah huruf menjadi kata atau kalimat. Hal ini disebabkan karena
hanya menggunakan metode bercakap-cakap dan media yang digunakan kurang
menarik, serta kemampuan guru mengelola kegiatan pembelajaran membaca
sambil bermain masih kurang sehingga menimbulkan kebosanan bagi anak.
Berdasarkan masalah yang telah diuraikan, maka peneliti akan meningkatkan
kemampuan membaca pada anak dengan menggunakan media permainan
memancing huruf.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal selama 2
minggu yang dimulai dari tanggal 5 Januari sampai dengan tanggal 11 Januari
2021. Subyek penelitian adalah anak kelompok RA B yang berjumlah 15 anak
yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca dapat
ditingkatkan melalui metode memancing huruf. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan membaca secara lisan
dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal
tindakan terdapat 33,33% yang mempunyai kemampuan membaca secara dengan
penilaian sangat baik. Sedangkan akhir tindakan 80% yang dapat membaca
dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa kemampuan membaca kelompok B di RA AN NUR
Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran
2020/2021 dapat ditingkatkan melalui metode memancing huruf.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:21 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 06:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5961 |