WARDANI, IKA NILA (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MERONCE DI TK PGRI 81 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020 – 2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ika Nila Wardani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
IKA Nila Wardani . NPM 18156011. ― Upaya Meningkatkan Kemampuan
Motorik Halus Anak usia 4 -5 Tahun Melalui Kegiatan Meronce Di TK PGRI 81
Semarang Tahun pelajaran 2020 – 2021‖.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan AnakUsia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI
Semarang. UPGRIS Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai masih
umum ditemukan adanya masalah anak-anak yang menunjukkan keterlambatan
dalam keterampilam motorik halusnya, Anak masih memerlukan bantuan dan
arahan dalam menggunakan motorik halus, seharusnya anak pada usia tersebut
sudah bisa menggunakan motorik halus untuk melaksanakan berbagai kegiatan.
Hal ini ditandai dengan anak dalam menggunakan jari-jemari untuk mengambil
benda maupun memegang benda masih ada yang kesulitan. Di samping itu anak
dalam menggunakan tangan untuk memindahkan benda dari tangan yang satu ke
tangan lain masih ada yang mengeluh. Hal tersebut sangat terlihat ketika anak saat
memegang crayon dan saat anak diminta untuk mengambil manik-manik, biji-
bijian menggunakan dua jari. Pada dasarnya mengambil benda itu perlu adanya
konsentrasi dan dibutuhkan kesabaran.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Berdasarkan latar belakang
danrumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce di TK
PGRI 81 Semarang
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap selama 6
minggu yang dimulai dari tanggal 1 Maret 2021 sampai 10 Maret 2021. Subyek
penelitian adalah anak kelompok usia 4-5 tahun yang berjumlah 20 anak yang
terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Prosedur penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri
dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3)
mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan,
setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam
penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV dapat
disimpulkan bahwa motoric halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan meronce
yang dilakukan secara individu. Bukti pencapaian pra siklus yang berkriteria baik
sebanyak 2 anak, pada kondisi siklus I mengalami sedikit kenaikan menjadi 7
anak, sedangkan pada kondisi siklus II dapat dikatakan mengalami peningkatan
menjadi 18 anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:40 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5949 |