JAYANTI, IKA DUWI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN OUTBOUND PADA KELOMPOK A DI TK MADINATUL ILMI AL – AMIEN TLOGOSARI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IKA DUWI J. PGPAUD.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
IKA DUWI JAYANTI. NPM 18156054. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Motorik Kasar Melalui Permainan Outbound Pada Kelompok A Di TK Madinatul
Ilmi Al – Amien Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang.
UPGRIS Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan motorik kasar anak.Kemampuan motorik kasar merupakan salah satu
aspek perkembangan yang harus berkembang dengan optimal, aspek fisik
motorik ini, akan membantu anak dalam melakukan berbagai aktivitasnya. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
motorik kasar anak pada kelompok A di TK Madinatul Ilmi Al – Amien melalui
permainan outbond. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap
selama 6 pertemuan dalam 2 minggu yang dimulai dari tanggal 26 April sampai 7
Mei 2021. Subyek penelitian adalah anak kelompok TK A yang berjumlah 20
anak yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Prosedur penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri
dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3)
mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan,
setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam
penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar dapat
ditingkatkan melalui permainan permainan outbound. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya jumlah anak yang memiliki kemampuan motorik kasar yang baik
dalam setiap kali pertemuan, baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal
tindakan terdapat 10% dengan kemampuan yang baik, siklus I memperoleh 40%
dan siklus II meningkat menjadi 90% dengan kemampuan yang baik. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan
motorik kasar kelompok A di TK Madinatul Ilmi Al Amien Tlogosari Semarang
dapat ditingkatkan melalui permainan outbound.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5927 |