AZHAR, M. AZRUL (2021) HUBUNGAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AZRUL AZHAR.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
M. Azrul Azhar. NPM 15110069: “Hubungan Efikasi Diri Terhadap
Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 01
Ketanggungan Kabupaten Brebes” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2021. Dosen
Pembimbing I: Suhendri, S.Pd., M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing II: Farikha
Wahyu Lestari S.Pd, M.Pd.
Penelitian hubungan efikasi diri terhadap kemampuan komunikasi
interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 01 Ketanggungan Kabupaten Brebes
ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami masalah rendahnya
efikasi diri dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam
penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 01 Ketanggungan Kabupaten
Brebes dengan jumlah 124 siswa. Kelas VII B adalah kelas yang dipergunakan
untuk tryout. Sampel dalam penelitian ini yaitu 92 siswa kelas VII SMP Negeri 01
Ketanggungan Kabupaten Brebes yang diambil dengan teknik sampling jenuh.
Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala efikasi diri dan
komunikasi interpersonal.
Hasil analisis korelasi antara minat belajar terhadap hasil belajar
memperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar ) 0,743 apabila dicocokan dengan
tabel interprestasi menunjukan memiliki tingkat hubungan yang kuat. Besar
sumbangan variabel efikasi diri memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap
komunikasi interpersonal sebesar yaitu 55% dan sisanya ditentukan oleh variabel
lain. Hasil uji signifikan Berdasarkan perhitungan ɑ = 0,05 dan n = 92. Uji dua
pihak: dk = n-2 = 92 – 2 = 90. Sehinggan ttabel = 1,987 Ternyata thitung ≥ ttabel atau
15,754 ≥ 1,987 maka maka artinya terdapat hubungan yang signifikan antara
efikasi diri dengan komunikasi interpersonal siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran bagi guru bk hendaknya dapat
meningkatkan dan memanfaatkan kegiatan dengan berbagai layanan dan metode
yang ada dalam bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam efikasi
diri dan kemampuan komunikasi interpersonal.
Kata kunci: Efikasi diri, Komunikasi interpersonal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5919 |