NUR’AINI, ‘AZIZAH (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN FINGER PAINTING DI TK PELANGI SEMARANG TAHUN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AZIZAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
‘AZIZAH
NUR’AINI.
NPM
18156024.
“UPAYA
MENINGKATKAN
KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI
KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN FINGER PAINTING DI TK
PELANGI SEMARANG TAHUN 2020/2021”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan kreativitas anak. Anak merasa kurang percaya diri saat dibiarkan
mandiri untuk berkreasi dalam kegiatan menggambar dengan finger painting.
Anak masih kesulitan dalam kombinasi penggunaan warna. Anak menggunakan
warna masih belum sesuai dengan realita, contohnya warna daun hijau tetapi anak
memberikan warna biru. Anak juga masih belum bisa mengontrol pengambilan
jumlah warna yang diambil.. Dalam meningkatkan kemampuan kreativitas pada
anak, peneliti menggunakan metode menggambar dengan finger painting. Finger
painting adalah jenis kegiatan yang menyenangkan dalam membuat bentuk
gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna secara langsung
dengan menggunakan jari tangan. Dimana anak diberi kebebasan untuk
mengembangkan daya imajinasinya dengan melakukan permainan melukis
dengan menggunakan jari tangan. Sehingga anak mampu mengeksplorasi seluruh
kemampuannya dalam bentuk lukisan. Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan
penelitian dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Pada Anak
Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Finger Painting Di TK
Pelangi Tahun 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap selama 2 minggu yang
dimulai dari tanggal 12 sampai 22 November 2021. Subyek penelitian adalah anak
kelompok A yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 8
anak laki-laki. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat
perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4)
merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali
pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan teknik diskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas pada anak
dapat ditingkatkan melalui metode menggambar dengan finger painting. Hal ini
dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan
kreativitas pada anak dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun
siklus II. Pada awal tindakan terdapat 3 anak atau 15% yang mempunyai
kemampuan kreativitas anak dengan penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 16
anak atau 80% yang dapat menggambar dengan finger painting dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa
kemampuan kreativitas anak kelompok A di TK Pelangi Kecamatan Pedurungan
Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui metode finger painting.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5911 |