RINI, AYUNDA SETIA (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROUND ROBIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AYUNDA SETIA RINI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Ayunda Setia Rini. NPM.17110078: “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Round Robin Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas
X SMK Muhammadiyah 1 Semarang” Skripsi Program Studi Bimbingan dan
Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Tahun 2021.
Pembimbing I Dr. Heri Saptadi Ismanto,.S.Pd.,M.Pd.,Kons. Pembimbing II Agus
Setiawan., S.Pd.,M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa
kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang yang ditunjukkan dengan beberapa
masalah seperti banyak siswa yang malas dalam belajar, sering menunda tugas,
belajar jika akan dilaksanakan ujian serta menganggap sulit beberapa pelajaran.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah terkait motivasi
belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik round
robin terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang.
Jenis penelitian ini kuantitatif dalam bentuk true experimental design dengan
desain pre-test dan pos-test control group design. Populasi yang digunakan adalah
siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Sampel
diambil menggunakan simple random sampling yang diambil sebanyak 20 siswa,
10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berupa skala
psikologi motivasi belajar.
Ditunjukkan dengan hasil perhitungan analisis data post-test skor rata-rata
kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari 77,5 menjadi 89,8 setelah
dilaksanakannya treatment. Tingkat motivasi belajar siswa yang tidak diberikan
treatment bimbingan kelompok dengan teknik round robin hanya terjadi
peningkatan yang minim, yaitu dari 77,1 menjadi 78,5. Nilai t hitung dengan taraf
signifikansi 5% sebesar 8,3186. Dari sebelum dilakukan treatment sebesar 77,5
sedangkan setelah dilakukan treatment menjadi 89,8, artinya terdapat peningkatan
sebanyak 12,3 point. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan teknik round robin terhadap motivasi
belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun ajaran
2020/2021”.
Saran bagi siswa diharapakan dengan adanya layanan bimbingan
kelompok dengan teknik round robin ini siswa mampu meningkatkan motivasi
belajar.
KATA KUNCI: Bimbingan Kelompok, Teknik Round Robin, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5906 |