UPAYA PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA DIGITAL TABLET (FILM ANIMASI) DI ERA MILLENIUM DI RA AZ-ZUHRI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SAVITRI, DEWI (2021) UPAYA PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA DIGITAL TABLET (FILM ANIMASI) DI ERA MILLENIUM DI RA AZ-ZUHRI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_DEWI SAFITRI.pdf] Text
SKRIPSI_DEWI SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewi Savitri. NPM 18156019. “Upaya Penanaman Akhlaqul Karimah
Pada Anak Usia Dini Melalui Media Digital Tablet (Film Animasi) di Era
Millenium Di RA Az-Zuhri Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendanya kemampuan mengenal
perilaku akhlaqul karimah pada anak kelompok B RA Az-Zuhri Semarang.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal
perilaku akhlaqul karimah melalui kegiatan menonton film animasi pada
Kelompok B RA Az-Zuhri Semarang. Perilaku akhlaqul karimah yang digunakan
dibatasi pada menonton film animasi dengan media tablet.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah anak didik kelompok B RA Az-Zuhri yang berjumlah 5 anak.
Obyek penelitian ini adalah kemampuan mengenal perilaku akhlaqul karimah
dengan pembiasaan makan dengan duduk dan menggunakan tangan kanan, serta
pembiasaan senyum,sapa dan salam. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik
analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menonton film animasi
melalui media tablet yang dilakukan melalui stimulasi mempraktekkan akhlaqul
karimah. Tindakan tersebut dapat meningkatkan kemampuan mengenal perilaku
akhlaqul karimah. Pada saat dilakukan observasi pra tindakan, pada indikator
menyebutkan contoh-contoh akhlaqul karimah sebesar 0% masih menunjukkan
bahwa hasil pelaksanaan masih kurang dari indikator keberhasilan yang
ditentukan berada pada kriteria kurang sekali, pada Siklus I indikator
menyebutkan perilaku akhlaqul karimah sebesar 40% menunjukkan adanya
peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih
berada pada kriteria Mulai berkembang dan pada Siklus II indikator perilaku
akhlaqul karimah sebesar 80%. Perolehan persentase pada Siklus II menunjukkan
bahwa kemampuan anak dalam menerapkan perilaku akhlaqul karimah anak
Kelompok B dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan
sebesar 75% dan pelaksanaan penelitian dihentikan. Secara umum dapat
disimpulkan bahwa menonton film animasi mellaui media tablet dapat
meningkatkan kemampuan mengenal perilaku akhlaqul karimah pada anak
kelompok B RA Az-Zuhri Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini rekomendasi yang dapat disampaikan
bahwa menonton film animasi melalui media tablet dapat meningkatkan
kemampuan anak mengenal perilaku akhlaqul karimah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:26
Last Modified: 21 Oct 2024 07:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5892

Actions (login required)

View Item
View Item