UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAGI MELALUI METODE KARYAWISATA KUNJUNGAN KE PANTI ASUHAN PADA KELOMPOK B TK PERTIWI JRAGANAN KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG

RAHAYU, HESTIN SLAMET (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAGI MELALUI METODE KARYAWISATA KUNJUNGAN KE PANTI ASUHAN PADA KELOMPOK B TK PERTIWI JRAGANAN KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HESTIN SLAMET RAHAYU.pdf] Text
HESTIN SLAMET RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan berbagi anak. Hal tersebut disebabkan metode yang digunakan
kurang bervariatif.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk
meningkatkan kemampuan berbagi anak melalui metode karyawisata kunjungan
ke panti asuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan
Kelas), dengan 2 Siklus dan masing-masing siklus ada 3 indikator. Populasi
penelitian adalah seluruh anak kelompok bermain di TK Pertiwi Jraganan
Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel
yang diambil hanya 5 anak dikarenakan masih dalam masa pandemi covid. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil pengamatan aktivitas anak pada tiap siklus sudah mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus kemampuan berbagi anak
yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 0 anak atau
0%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 1 anak atau 20%, dan yang
Mulai Berkembang (MB) sebanyak 4 anak atau 80%. Pada siklus I anak yang
memiliki kemampuan berbagi dalam metode karyawisata kunjungan ke panti
asuhan yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 1
anak atau 20%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 2 anak atau 40
%, dan yang Mulai Berkembang sebanyak 2 anak atau 40%. Pada siklus II
kemampuan berbagi anak dalam metode karyawisata kunjungan ke panti asuhan
yang termasuk dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) mencapai 80%
atau terdapat 4 anak, sedangkan anak yang kemampuannya Berkembang Sesuai
Harapan (BSH) ada 1 anak dengan persentase 20% dan Mulai Berkembang
(MB) 0 anak dengan persentase 0% secara individu. Secara umum dapat
disimpulkan bahwa metode kayawisata kunjungan ke panti asuhan dapat
meningkatkan kemampuan berbagi anak pada kelompok B TK Pertiwi Jraganan
Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2020/2021.
Berdasarkan hasil penelitian ini rekomendasi yang dapat disampaikan
adalah supaya metode karyawisata kunjungan ke panti asuhan dapat digunakan
sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:55
Last Modified: 21 Oct 2024 06:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5870

Actions (login required)

View Item
View Item