ANALISIS LAYANAN FASILITAS TERMINAL BUMIAYU TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

ASIKIN, ASEP (2021) ANALISIS LAYANAN FASILITAS TERMINAL BUMIAYU TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ASEP ASIKIN.pdf] Text
ASEP ASIKIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Terminal bus Bumiayu terletak di utara perempatan Langkap, jenis terminal ini
yaitu termasuk terminal tipe-B dan setiap harinya terminal ini selalu ramai di
padati penumpang terlebih lagi pada sore hari. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui penilaian pengguna terhadap layanan di terminal Bumiayu dan untuk
mengetahui tingkat layanan terminal Bumiayu dalam meningkatkan layanan
transportasi di Bumiayu.
Metode yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, Service Quality
(Servqual) dan Importance Performance analisys (IPA). Uji validitas dari item
pertanyaan semua item valid, untuk uji reliabilitas nilai Cronbach’s Alpha
kenyataan dan harapan masing-masing 0.841 dan 0.880. Berdasarkan analisa
Importance Performance Analisys (IPA) Fasilitas ruang P3K, ruang informasi dan
kesetaraan tidak ada dan fasilitas tersebut berada pada kuadran I, artinya tidak
sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 40 tahun
2015. Selanjutnya hasil perhitungan Service Quality (servqual) didapat nilai rata-
rata gap dari masing-masing item pertanyaan, untuk rata-rata gap paling besar
berada pada item kesetaraan yaitu -2.81 dan nilai gap paling kecil terdapat pada
item retribusi dengan nilai gap -0.424.
Berikut urutan fasilitas terminal dari yang paling baik ke yang kurang baik
menurut kepuasan pengguna yaitu retribusi, ruang tunggu, keamanan, kamar
mandi, ruang informasi, ruang P3K dan kesetaraan. Jadi berdasarkan penilaian
pengguna layanan di terminal Bumiayu masih kurang baik dan Berdasarkan hasil
service quality (servquel) bisa disimpulkan tingkat layanan di terminal Bumiayu
masih rendah/kurang baik.
Kata kunci: Penilaian Pengguna, Terminal Bumiayu, Importance
Performance Analisys. Service Quality

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Sipil
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:46
Last Modified: 21 Oct 2024 06:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item
View Item