ITSNA, AZIZATUL (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEAM SEBAGAI STIMULASI KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PADA TEMA TANAMAN UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT PERMATA HATI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI_AZIZATUL ITSNA_17150015.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
AZIZATUL ITSNA. NPM 17150015. “ Implementasi Pembelajaran STEAM
Sebagai Stimulasi Keterampilan Berfikir Kritis Anak Pada Tema Tanaman Untuk
Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Hati Semarang ”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Muniroh Munawar S.Pi., M.Pd.
Pembimbing II Dwi Prasetiawati S.Pd., M.Pd. 2021.
Keterampilan merupakan sesuatu hal yang penting untuk dimiliki oleh
peserta didik di era modern ini. Salah satu keterampilan yang dapat di tumbuhkan
ialah keterampilan berfikir kritis. Keterampilan berfikir kritis memiliki peran
penting bagi peserta didik untuk berkembang di era modern. Pembelajaran
merupakan wadah yang tepat dalam membantu guru menumbuhkan keterampilan
berfikir kritis pada peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan
yaitu pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM atau dapat disebut
pembelajaran berbasis STEAM. Latar belakang yang mendorong penelitian ini
adalah rendahnya kerampilan berfikir kritis anak usia dini di bidang sains,
matematika, dan kreativitas. Hal ini disebabkan pembelajaran yang masih berpusat
pada guru sehingga kurang memberikan pengalaman lebih pada peserta didik
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran
STEAM sebagai STEAM pada tema tanaman sebagai stimulasi keterampilan
berfikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang.
Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel penelitian yaitu
siswa kelompok B di TK IT Permata Hati Semarang yang berjumlah 15 anak. Data
di dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan pembelajaran
STEAM ini membantu guru dalam menumbuhkan keterampilan berfikir kritis
peserta didik. Ditunjukkan dengan peserta didik dapat melakasanakan setiap
komponen STEAM dalam satu waktu dan anak dapat mampu menunjukkan aspek
analisis, sintesis, mengenal dan memecahkan masalah, menyimpulkan, dan evaluasi
dalam berkegiatan. Dimana aspek-aspek tersebut merupakan indikator keterampilan
berfikir kritis. Sehingga ketika aspek tersebut berkembang akan melatih siswa
untuk berfikir lebih dan kritis dalam melaksanakan pembelajaran. Serta melatih
siswa untuk membentuk pengetahuannya sendiri dan keterampilan problem solving
selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
pembelajaran STEAM dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis anak usia
dini.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Keterampilan berfikir Kritis, STEAM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 06:39 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 06:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5848 |