UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 1 KEDUNGJATI

KURNIASARI, ARSITA DWI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 1 KEDUNGJATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ARSITA DWI KURNIASARI.pdf] Text
ARSITA DWI KURNIASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Arsita Dwi Kurniasari . NPM 18156152. “ Upaya Meningkatkan Kedisiplinan
Dengan Metode Main Peran Pada Kelompok B TK Dharma Wanita 1
Kedungjati”. Skrips. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2021.
Kedisiplinan anak merupakan hal yang terjadi tidak secara instan,
melainkan terjadi karena dilakukan berulang-ulang karena ketaatan anak pada
suatu aturan yang berlaku di kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan usianya.
Latar belakang yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini adalah
rendahnya kedisiplinan anak kelompok B di TK Dharma Wanita 1 Kedungjati.
Hal tersebut, disebabkan kurangnya pengoptimalan metode pembelajaran. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kedisiplinan
anak kelompok B di TK Dharma Wanita 1 Kedungjati.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan
metode main peran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan
melakukan 2 kali siklus dan setiap siklus diadakan 3 kali pertemuan. Sumber data
di dapat dari sampel yang sudah diambil peneliti yaitu 6 anak kelompok B TK
Dharma Wanita 1 Kedungjati.
Hasil penelitian pada observasi di awal menunjukkan bahwa tingkat
kedisiplinan anak masih rendah. Pada siklus I peneliti menggunakan pembelajaran
dengan metode main peran dengan tema kebiasaanku bangun pagi ,pada siklus ini
terjadi peningkatan sebesar 33%. pada siklus II kembali terjadi peningkatan
kedisiplinan anak menjadi 83% anak berada pada kedisiplinan kriteria baik. dapat
disimpulkan bahwa metode main peran dapat meningkatkan kedisiplinan anak
kelompok B TK Dharma Wanita 1 Kedungjati. Berdasarkan hasil penelitian ini
saran yang bisa disampaikan peneliti yaitu penggunaan metode main peran dapat
digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:30
Last Modified: 21 Oct 2024 06:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item
View Item