KURNIASARI, ARSITA DWI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 1 KEDUNGJATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ARSITA DWI KURNIASARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Arsita Dwi Kurniasari . NPM 18156152. “ Upaya Meningkatkan Kedisiplinan
Dengan Metode Main Peran Pada Kelompok B TK Dharma Wanita 1
Kedungjati”. Skrips. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2021.
Kedisiplinan anak merupakan hal yang terjadi tidak secara instan,
melainkan terjadi karena dilakukan berulang-ulang karena ketaatan anak pada
suatu aturan yang berlaku di kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan usianya.
Latar belakang yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini adalah
rendahnya kedisiplinan anak kelompok B di TK Dharma Wanita 1 Kedungjati.
Hal tersebut, disebabkan kurangnya pengoptimalan metode pembelajaran. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kedisiplinan
anak kelompok B di TK Dharma Wanita 1 Kedungjati.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan
metode main peran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan
melakukan 2 kali siklus dan setiap siklus diadakan 3 kali pertemuan. Sumber data
di dapat dari sampel yang sudah diambil peneliti yaitu 6 anak kelompok B TK
Dharma Wanita 1 Kedungjati.
Hasil penelitian pada observasi di awal menunjukkan bahwa tingkat
kedisiplinan anak masih rendah. Pada siklus I peneliti menggunakan pembelajaran
dengan metode main peran dengan tema kebiasaanku bangun pagi ,pada siklus ini
terjadi peningkatan sebesar 33%. pada siklus II kembali terjadi peningkatan
kedisiplinan anak menjadi 83% anak berada pada kedisiplinan kriteria baik. dapat
disimpulkan bahwa metode main peran dapat meningkatkan kedisiplinan anak
kelompok B TK Dharma Wanita 1 Kedungjati. Berdasarkan hasil penelitian ini
saran yang bisa disampaikan peneliti yaitu penggunaan metode main peran dapat
digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 06:30 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 06:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5839 |