UPAYA MENINGKATKAN SOPAN SANTUN ANAK MELALUI LAGU DOLANAN DI TK PGRI 46

SARI, ARLIN MONITA (2021) UPAYA MENINGKATKAN SOPAN SANTUN ANAK MELALUI LAGU DOLANAN DI TK PGRI 46. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ARLIN MONITA SARI.pdf] Text
ARLIN MONITA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ARLIN MONITA SARI, NPM 18156009 “Upaya Meningkatkan Sopan Santun
Anak Melalui Lagu Dolanan Di TK PGRI 46” Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
2021.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya perilaaku
sopan santun anak yang disebabkan kurangnya perhatian dari orangtua karena
sibuk bekerja dan dididik oleh HP, anak masih sering acuh ketika guru memberi
nasehat dan banyak anak yang diam tidak mengucapkan salam, sikap anak ketika
dihadapan orang lain, kurangnya nilai-nilai kebaikan atau kebajikan dalam segala
bentuk tindak tanduk dan perilaku pada anak, adat istiadat dalam bertegur sapa,
kurangnya sopan dan santun dalam ucap dan cakap, kurang melakukan interaksi
social dalam kehidupannya secara lisan dengan sopan santun terhadap orang lain.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Anak belum memiliki nilai-
nilai kebaikan atau kebajikan dalam segala bentuk tindak tanduk dan perilaku,
(2) Anak belum mengenal adat istiadat dalam bertegur sapa dengan orang lain,
(3) Anak belum mampu menerapkan sopan dan santun dalam ucap dan cakap,
dalam melakukan interaksi social dengan orang lain, (4) Implementasi sopan
santun anak masih kurang dalam menghormati orang yang lebih tua,
(5) Lagu dolanan masih belum diterapkan secara berkesinambungan, (6) Anak
belum mengenal lagu dolanan, (7) Ketersediaan lagu dolanan di belum beragam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lagu dolanan dapat
meningkatkan sopan santun anak di Kelompok B di TK PGRI 46 di Semarang.
Metode penelitian data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Peneliti
melakukan observasi dibantu oleh orang tua dan guru mengamati anak, dinilai, dan
di analisis. Metode Pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dilakukan di
rumah menggunakan video pembelajaran dan video call. Peneliti menyanyikan
lagu dolanan dan memberikan penjelasan lirik dan artiny. Data – data tersebut
kemudian dipilih, disajikan, dianalisis serta diolah supaya ringkas dan sistematis.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan
peneliti tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan lagu dolanan dapat
meningkaatkan sopan santun anak pada Kelompok B di TK PGRI 46 dengan
indikator pencapaian sebagai berikut : kondisi awal sebelum menggunakan lagu
dolanan perilaku sopan santun anak masih rendah hanya sebesar 7,7% pada
kategori baik. Pada siklus 1 menggunakan lagu dolanan menthok menthok sopan
santun anak dengan penjelasan oleh guru meningkat menjadi 15,4% pada kategori
baik. Setelah dilakukan evaluasi dan perbaikan pembelajaran pada siklus 2
menggunakan lagu dolanan gundul – gundul pacul dengan penjelasan oelh guru
dibantu orangtua dapat meningkatkan sopan santun anak meningkat menjadi
76,9% kategori baik dan sudah melebihi indikator yang ingin dicapai yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:26
Last Modified: 21 Oct 2024 06:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5834

Actions (login required)

View Item
View Item