Yusuf, Muhammad Yasin (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO DI KELAS V SDT DARUNNAJAH MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MUHAMMAD YASIN YUSUF 21126056.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
MUHAMMAD YASIN YUSUF. NPM 21126056. „‟ Peningkatan Keterampilan
Menyimak Cerita Anak Melalui Metode Pembelajaran Number Heads Together
dengan media audio di Kelas V SDT Darunnajah Mranggen Demak ‘’. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar bahasa Indonesia dan motivasi belajar siswa. Dan adapun Permasalahan
dalam penelitian ini adalah 1) Apakah metode Pembelajaran NHT terhadap
motivasi belajar ?, 2) Apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan
menerapkan metode Pembelajaran NHT ?, 3) Apakah metode Pembelajaran NHT
efektif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia?
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: keterampilan guru pada siklus
I mendapat skor 7 kriteria baik, siklus II mendapat skor 9 kriteria baik, dan siklus
III mendapat skor 12 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I
memperoleh rerata skor 16,1 kriteria cukup, siklus II memperoleh rerata skor 17,3
kriteria baik, dan siklus III memperoleh rerata skor 18,5 kriteria baik. Hasil belajar
siswa berupa keterampilan menyimak cerita anak pada siklus I memperoleh rerata
nilai 63,9 dan ketuntasan belajar klasikal 64,6%, siklus II memperoleh rerata nilai
73,4 dan ketuntasan belajar klasikal 76,9%, dan siklus III memperoleh rerata nilai
80,0 dan ketuntasan belajar klasikal 92,0%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran number
heads together dengan media audio dapat meningkatkan keterampilan guru,
aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menyimak cerita anak siswa
kelas V SDT Darunnajah. Saran penelitian ini adalah agar guru menerapkan
pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dan media
pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga keterampilan menyimak
cerita anak meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:32 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/583 |