UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KARYA WISATA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN RA SHIRATHUL ULUM KERTOMULYO TRANGKIL PATI

ROCHMAH, AINUR (2021) UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KARYA WISATA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN RA SHIRATHUL ULUM KERTOMULYO TRANGKIL PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi_Ainur Rochmah.pdf] Text
Skripsi_Ainur Rochmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ainur Rochmah. NPM 18156132. “ Upaya peningkatan kecerdasan naturalis
melalui karya wisata pada anak usia 5 – 6 tahun RA Shirathul Ulum
Kertomulyo Trangkil Pati”. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia
Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.2021.
Latar belakang yang mendorong penulis melakukan penelitian ini
adalah belum ditingkatkannya kecerdasan naturalis pada anak khususnya pada
anak usia 5 – 6 tahun di RA Shirathul Ulum. Anak – anak masih menunjukkan
kurangnya perhatian terhadap lingkungan sekitar. Beberapa masalah yang
terjadi dalam penelitian ini anak – anak suka memetik tanaman,membuang
sampah sembarangan, dan masih kurang ikut memelihara tanaman yang ada di
sekolah. Disamping itu mereka hidup didaerah pedesaan namun kurang dapat
menikmati alam yang ada disekitar mereka. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah upaya peningkatan kecerdasan naturalis melalui karya
wisata pada anak usia 5 – 6 tahun RA Shirathul ulum Kertomulyo Trangkil
Pati.
Metode penelitian dilakukan dengan penelitian Tindakan kelas. Subjek
penelitiannya anak usia 5 – 6 tahun yang terdiri dari 15 anak di RA Shirathul
Ulum Kertomulyo Kecamatan trangkil Kabupaten Pati.Teknik pengumpulan
data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa
data yang digunakan menggunakan Analisa statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan naturalis yang dicapai anak
didik lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana kondisi awal
berjalan – jalan dilingkungan sekitar sekolah hanya mencapai 35 % namun
setelah dilakukan penelitian Tindakan kelas pada siklus I mengalami
peningkatan sebesar 50 % ( siklus I pertemuan I berjalan – jalan disekitar
pantai prosentase baik 50 %,cukup 20 %,kurang 30 %, siklus I pertemuan II
baik 40%, cukup 20 %,kurang 40 %menanam mangrove di pantai dan siklus I
pertemuan III berjalan – jalan dihutan mangrove baik 50%, cukup 25%, kurang
25% ). Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80 % ( siklus II
pertemuan I ke kebun pisang baik 75 %, cukup 15 %, kurang 10 %, siklus II
pertemuan II ke kebun pisang baik 80%,cukup 10 %, kurang 10 %).
Disimpulkan bahwa melalui metode karya wisata dapat meningkatkan
kecerdasan naturalis anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
melalui karya wisata dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif dalam
mengajar untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:34
Last Modified: 21 Oct 2024 04:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5794

Actions (login required)

View Item
View Item