EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMAN 14 SEMARANG

Kurniawati, Aprilia (2021) EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMAN 14 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Aprilia Kurniawati.pdf] Text
Aprilia Kurniawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Saat ini perkembangan tekonologi pendidikan berkembang sangat pesat,
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa pergantian
yang sangat besar bagi kemajuan dunia pendidikan. E-learning merupakan suatu
inovasi yang memiliki kontribusi sangat besar terhadap pergantian proses belajar
mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuigoogle classroom efektif
untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa pada materi fisika
siswa kelas X SMAN 14 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 14
Semarang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Quasi experimental design dengan desain penelitian
Nonequivalent Control Group Design. Varibel terikat dalam penelitian ini adalah
kemandirian dan prestasi belajar dan varibel bebasnya adalah google classroom
dalam pembelajaran fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X SMAN 14 Semarang. Penentuan sampel menggunakan Probability
Sampling dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh hasil kelas X
MIPA3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen.
Kelas kontrol dan kelas eksperimen terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa google
classroom mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian dan
prestasi belajar siswa. Hal tersebut diketahui dari perhitungan uji hipotesis
kemandirian dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan uji t. Dalam uji
hipotesis kemandirian diperoleh nilai signifikan sebesar 0,042 < 0,05 yang artinya
hipotesis alternatif diterima dan uji hipotesis prestasi belajar diperoleh nilai
signifikan pretest sebesar 0,044 dan posttest 0,023 < 0,05 yang artinya yang
artinya Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Ha dari minat dan
hasil belajar diterima. Dengan demikian pembelajaran online menggunakan
google classroom efektif diterapkan, karena membari pengaruh yang baik
terhadap kemandirian dan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: E-learning, Google Classroom, Kemandirian dan Prestasi
Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:12
Last Modified: 21 Oct 2024 04:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5783

Actions (login required)

View Item
View Item