IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP DAN MTS SE KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG

GIANTO, GIANTO (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP DAN MTS SE KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of GIANTO 19230188.pdf] Text
GIANTO 19230188.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Gianto, “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran
Penjasorkes di SMP dan MTs se Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang”
Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu
Pendidikan Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang,
2023
Kurikulum merupakan pedoman yang harus dilaksanakan oleh guru dan
murid dalam proses belajar mengajar guna mencapai tujuan pendidikan sesuai
perkembengan jaman, guru adalah pihak yang bertanggung jawab atas
keberhasilan dan ketercapaian tujuan pembelajaran. Latar belakang dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran penjasorkes didalam
penerapan kurikulum merdeka apakah sudah sesuai dengan kebijakan yang
diterapkan didalam kurikulum merdeka, tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui keberhasilan guru penjasorkes dalam perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan kebijakan didalam kurikulum merdeka.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana
pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
penelitian ini dilakukan di SMP dan MTs Se kecamatan Grabag kabupaten
Magelang yang sudah menerapkan kurikulum merdeka TA 2022/2023, subjek
penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, siswa, dan guru
penjasorkes, teknik analisis data menggunakan triangulasi dan reduksi data,
penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru Penjasorkes dalam
perencanaan pembelajaran sudah sesuai kurikulum merdeka, Pelaksanaan
pembelajaran yang dilaksanakaan selama pembelajaran sudah menunjukaan
model pembelajaran dengan pendekatan terpusat pada siswa dan hasil evaluasi
pembelajaran menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan selama
penerapan kurikulum merdeka dengan model pendekatan pembelajaran terpusat
pada siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa waka kurikulum sudah
memahami kebijakan didalam kurikulum merdeka, guru Penjasorkes di SMP dan
MTs se kecamatan Grabag Kabupaten Magelang didalam pembelajaran sudah
menggunakan metode pendekatan terpusat pada siswa, perangkat pembelajaran
yang digunakan guru sudah sesuai dengan ketentuan kurikulum merdeka, hasil
evaluasi selama satu tahun pelajaran menunjukkan bahawa siswa mengalami
peningkatan baik dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Saran untuk
pendidik dari penulis agar selalu meningkatkan kompetensi diri guna menciptakan
pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi siswa.
Kata kunci: Kualitatif, implementasi, kurikulum merdeka, penjasorkes.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:26
Last Modified: 08 Jan 2024 07:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item
View Item