MEDIATI, ANNISA PUSPITA (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PERMAINAN SUNDA MANDA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB HARAPAN BUNDA KECAMATAN SAYUNG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ANNISA PUSPITA MEDIATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ANNISA PUSPITA MEDIATI. NPM 16150041 “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Permainan Sunda Manda Pada
Anak Usia 3-4 Tahun Di KB Harapan Bunda Kecamatan Sayung” Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
melalui permainan sunda manda pada anak usia 3-4 tahun di KB Harapan Bunda
Sriwulan, Sayung, Demak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan
pemecahan masalah yang masih rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran
masih monoton membuat anak cepat bosan serta kurang menariknya media
pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimana permainan sunda manda dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 3-4 tahun?.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara
kolaboratif dengan guru. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 KB
Harapan Bunda yang berusia 3-4 tahun, jumlahnya 12 anak terdiri dari 7 anak
laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan
pemecahan masalah anak khususnya memahami masalah, memikirkan rencana,
melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Teknik pengumpulan data yaitu
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah
anak mengalami peningkatan yang signifikan dari kondisi awal sebelum
dilakukan penelitian tindakan kelas,penelitian tindakan kelas siklus I hingga
penelitian tindakan kelas siklus II. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil jumlah
presentase pada Dari hasil analisis yang diperoleh dengan kriteria berkembang
sesuai harapan dan berkembang sangat baik dimulai dari kondisi awal sebelum
dilakukan tindakan penelitian ada 1 anak dengan presentase 9,09%. Pada siklus I
meningkat menjadi 36,36% dan pada siklus II meningkat yang mencapai
presentase 81,82%. Dengan demikian kemampuan pemecahan masalah melalui
permainan sunda manda indikator keberhasilan sudah tercapai. Dengan demikian
permainan sunda manda merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan
dalam pembelajaran pemecahan masalah.
Kata kunci : permainan sunda manda, kemampuan pemecahan masalah, anak
kelompok A2
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:59 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5772 |