ISMI, ANNISA DIO (2021) PENGARUH PENGGUNAAN “ICE BREAKING” TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK CERIA ANAKKU SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ANNISA DIO ISMI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ANNISA DIO ISMI. NPM 16150056. Pengaruh penggunaan Ice Breaking
terhadap konsentrasi belajar anak usia 5 - 6 tahun di TK Ceria Anakku Semarang.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing 1 Dwi
Prasetyawati DH., M.Pd. Dan Dosen Pembimbing II Ismatul Khasanah S.Pd.I.,
M.Pd.
Banyak dijumpai di usia 5 -6 tahun banyak anak mengalami kesulitan
dalam berkonsentrasi, dengan banyaknya anak yang berbicara sendiri saat guru
menjelaskan, banyak bertanya saat melakukan sesuatu, cara pandang anak yang
tidak terarah, banyak bergerak serta bahkansering melamun, hal tersebut
merupakan ciri – ciri dari rendahnya konsentrasi pada anak usia 5 – 6 tahun, salah
satu faktor penyebabnya adalah kurangnya inovasi dalam kegiatan pembelajaran
saat mengajar yang diberikan untuk meningkatkan konsentrasi anak, untuk itu
penelitian ini akan meneliti tentang Bagaimana Pengaruh Ice Breaking terhadap
konsentrasi belajar anak usia 5-6 Tahun, dengan tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini mengetahui penggaruh penggunaan Ice Breaking terhadap
konsentrasi belajar pada anak usia 5 – 6 Tahun di TK Ceria Anakku.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi
Experimental Design. Bentuk desain penelitian ini menggunakan Preest – Posttest
Control Group design, tehnik Non Probability sampling, dengan memakai sampling
jenuh dimana semua populasi dijadikan sample. Populasi yang digunakan keompok
TK B1 dan TK B2 di TK Ceria Anakku, sample yang di ambil adalah acak dari
keompok TK B1 dan TK B2 yang berjumah 30 anak kemudian dibagi 2 kelompok
dengan menggunakan teknik simple random sampling, data dalam penelitian ini
diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada kemampuan pemusatan atau kontrol
perhatian, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada kemampuan penyesuaian
diri atau adaptability, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada kemampuan
berencana (planfulness), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada
kemampuan adaptasi. Artinya, metode Ice Breaking mampu meningkatkan
konsentrasi belajar anak, hal ini tampak dari analisis statistik t – hitung < sig 2 (
tailed ) 0,000 < 0,05
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:56 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5769 |