UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN SENAM DI TK PELANGI SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

FITRIYANA, ANNISA AYU (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN SENAM DI TK PELANGI SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANNISA AYU FITRIYANA.pdf] Text
ANNISA AYU FITRIYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANNISA
AYU
FITRIYANA. NPM 18156026. “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Fisik Motorik Kasar Usia4-5 Tahun Melalui Metode Senam Di TK
PELANGI SEMARANG Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi.Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan AnakUsia Dini Fakultas Ilmu pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang.UPGRIS Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai
kemampuan motorik kasar yaitu terdapat permasalahan dari aspek perkembangan
motorik kasar pada anak, yaitu anak belum mampu melakukan gerakan secara
seimbang dan sesuai perintah, hal ini terjadi dikarenakan motorik kasar kurang
diperhatikan dan kegiatan yang dilakukan kurang menarik bagi anak serta
kurangnya pemberian rangkaian gerakan pada suatu objek dalam pembelajaran,
mengakibatkan anak mudah bosan saat melakukan aktivitas motorik kasar
dikarenakan kurangnya gerakan yang beragam serta saat pembelajaran motorik
gerak banyak anak yang terlihat kurang antusias dalam melakukannya, ada juga
anak yang berlarian tidak mengikuti gerakan yang di lakukan oleh guru,
kurangnya fasilitas untuk pengembangan motorik kasar, serta Kurangnya
pemanasan saat melakukan aktifitas fisik, saat kegiatan awal pembelajaran
mengenai motorik kasar sehingga anak cenderung lebih cepat lelah dan kurang
percaya diri dan kurangnya waktu untuk melakukan kegiatan fisik disekolah
disebabkan karena padatnya jadwal pembelajaran yang telah berjalan.
Tujuan penelitian ini untuk „Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik
Kasar Usia4-5 Tahun Melalui Metode Senam Di TK PELANGI SEMARANG
Tahun Ajaran 2020/2021”.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester
Genap selama 2 minggu yang dimulai dari tanggal 12 April 2020 sampai 24 April
2020. Subyek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 14 anak yang
terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan.Prosedur penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus.Tiap siklus terdiri
dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3)
mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan,
setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam
penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar dapat
ditingkatkan melalui tari kreasi.Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah
anak yang mempunyai kemampuan motorik dalam setiap kali pertemuan baik
dalam siklus I maupun siklus II.Pada awal tindakan terdapat 3 anak atau 20%
yang mempunyai kemampuan motorik dengan penilaian baik.Sedangkan akhir
tindakan 12 anak atau 87% yang dapat menirukan tari kreasi dengan
baik.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa kemampuan motorik kelompok A di TK Pelangi 2020/2021 dapat
ditingkatkan melalui senam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:54
Last Modified: 21 Oct 2024 03:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5766

Actions (login required)

View Item
View Item