ANNISA, - (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMA PGRI KRAGILAN KABUPATEN SERANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ANNISA 17110137.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ANNISA. NPM 17110137. “Hubungan Kemampuan Literasi Digital Dengan
Perencanaan Karir Siswa SMA PGRI Kragilan Kabupaten Serang”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I: Dra. Wiwik Kusdaryani, M.Pd. Pembimbing II:
Dra. Tri Hartini, M.Pd., Kons. 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa
yang ditunjukkan dengan rasa ragu, bingung serta cemas dalam menentukan karir
yang akan dipilih. Ditambah lagi siswa harus dihadapkan dengan ranah dunia
kerja industri 4.0 yang menuntut siswa untuk mampu menguasai teknologi terkini
dan melek digitilalisasi. Masalah pokok yang dikaji adakah hubungan antara
perencanaan karir dengan kemampuan literasi digital siswa SMA PGRI Kragilan
Kabupaten Serang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran
perencanaan .karir siswa SMA PGRI Kragilan Kabupaten Serang, 2) Bagaimana
gambaran kemampuan literasi digital siswa SMA PGRI Kragilan Kabupaten
Serang, 3) Adakah hubungan antara kemampuan literasi digital dengan
perencanaan karir siswa SMA PGRI Kragilan Kabupaten Serang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi
digital dengan perencanaan karir siswa SMA PGRI Kragilan Kabupaten Serang
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh sebanyak 100 siswa. Alat
pengumpulan data yang digunakan yaitu skala pskilogis kemampuan literasi
digital dan perencanaan karir. Analisis data yang digunakan pada uji hipotesis
menggunakan uji Pearson Product Moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel perencanaan karir
dan kemampuan literasi digital siswa siswa memiliki koefisien korelasi 30,9%.
Oleh karena itu, tandanya hubungan yang baik dari perencanaan karir dengan
kemampuan literasi digital siswa SMA PGRI Kragilan Kabupaten Serang,
semakin baik perencanaan karirnya semakin baik juga kemampuan literasi
digitalnya, begitupun sebaliknya semakin rendah perencanaan karir semakin
rendah pula kemampuan literasi digitalnya.
Berdasarkan hasil peneltian ini saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu:
hendaknya pihak sekolah meningkatkan langkah-langkah konkrit dalam
memberikan layanan mengenai bimbingan karir untuk membantu siswa yang
masih kebingungan dalam merencanakan karir.
Kata Kunci: Perencanan Karir, Kemampuan Literasi Digital
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:51 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5764 |