PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BERHITUNG DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PENGURANGAN TEKNIK MEMINJAM PADA KELAS 2 SDN 2 BUMIAYU

AGUSTINA, NADILA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BERHITUNG DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PENGURANGAN TEKNIK MEMINJAM PADA KELAS 2 SDN 2 BUMIAYU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NADILA AGUSTINA 19120116.pdf] Text
NADILA AGUSTINA 19120116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi dari adanya sebuah permasalahan yang ada di kelas berdasarkan obervasi awal yang dilakukan oleh peneliti yaitu kurangnya minat siswa kelas 2 dalam belajar matematika dan penggunaan media yang ada di sekolah. Hal tersebut dipengaruhi karena kurangnya guru dalam mengkreatifkan media pembelajaran saat proses belajara mengajar. Dari permasalahan tersebut munculah ide untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran kongkrit dalam proses belajar mengajar di kelas yang berupa papan berhitung. Peneliti memfokuskan penelitian pada satu materi yaitu matematika kelas II yakni “Pengurangan Teknik Meminjam”.
Jenis penelitian Research and Development (R&D) merupakan sebuah penelitian pengembangan yang digunakan peneliti sebagai metode untuk menyelesaikan dalam proses penelitian. Subyeknya adalah guru kelas II SDN 2 Bumiayu dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi secara langsung, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan penyajian data, redaksi data, dan yang terakhir adalah mencari kesimpulan dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukan bahwa instrument penelitian yang diajukan oleh dua dosen ahli atau validator yaitu dosen ahli materi dan dosen ahli media menghasilkan data akhir yang sama dan menyatakan bahwa “Layak digunakan tanpa revisi”. Data akhir validasi antara ahli materi dan media menghasilkan nilai rata rata dengan persentase 96,3065 %. Setelah itu langkah selanjutnya adalah melakanakan tahap uji coba terhadap siswa kelas II. Uji coba kepada siswa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil dari respon siswa yakni media pembelajaran papan berhitung ini sangat dibutuhkan oleh Guru dan siswa untuk meningkatkan dan memudahkan dalam menyampaikan materi yang lebih kreatif dan inovatif serta efektif saat pembelajaran dikelas. Adanya media ini siswa merasa senang dan aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Media ini juga bisa menambah ketersedian media pembeajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa untuk menunjang proses pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:29
Last Modified: 08 Jan 2024 07:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item
View Item