PENANAMAN KARAKTER PEDULI TANAMAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM DI MASA BDR

FARIDA, ANIS NUR (2021) PENANAMAN KARAKTER PEDULI TANAMAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM DI MASA BDR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANIS NUR FARIDA.pdf] Text
ANIS NUR FARIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANIS NUR FARIDA. NPM 17150051. “Penanaman Karakter Peduli
Tanaman Melalui Pendekatan Pembelajaran STEAM di Masa BDR”. Skripsi.
Progran Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI
Semarang. 2021.
Tuhan telah menciptakan seluruh alam untuk dipahami, dihayati, dan
selanjutnya dimanfaatkan dan disikapi secara arif demi kemaslahatan umat
manusia. Perilaku merusak lingkungan menunjukkan fitrah rasa cinta pada alam
yang dibawa setiap anak sejak lahir, tidak selalu membuat setiap manusia ketika
dewasa berperilaku mencintai alam. Tidak setiap manusia menjaga dan mengelola
alam dengan baik demi keberlanjutannya. Rasa cinta pada alam dapat pudar jika
tidak dirawat sepanjang masa. Anak usia dini memiliki rasa ingin tahu dan sikap
antusias yang kuat terhadap segala sesuatu serta memiliki sikap berpetualang serta
minat yang kuat untuk mengobservasi lingkungan. Penanaman karakter peduli
lingkungan melalui perilaku peduli tanaman sebagai bagian dari lingkungan
terdekat anak, perlu diberikan kepada anak sejak dini.
Peran guru dalam menumbuhkan karakter peduli tanaman sejak anak
berusia dini tentu sangat penting. Pada penelitian ini peneliti mencoba untuk
menganalisis pembelajaran STEAM yang telah diimplementasikan di Pos PAUD
Pelangi Tembalang selama masa Belajar Dari Rumah (BDR) ini, apakah efektif
untuk penanaman karakter peduli tanaman pada anak usia dini. STEAM adalah
sebuah inovasi pendekatan pembelajaran yang melibatkan kreatifitas dan banyak
metode dalam proses penemuan, sehingga anak dapat membangun suatu
pemikiran baru sesuai yang dialaminya dalam upaya memecahkan masalahnya.
Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dimana peneliti
adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan data melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan). Analisis
data menggunakan model Miles and Huberman yaitu redaksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat anak bermain STEAM pada
masa Belajar Dari Rumah, karakter peduli tanaman yang dapat terlihat antara lain
perilaku kepedulian anak menjaga kebersihan lingkungan terutama sekitar
tanaman, kepedulian anak menjaga dan merawat tanaman, kepedulian anak
menjaga keberlangsungan tanaman sebagai wujud dari upaya mencegah
kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya untuk
memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:51
Last Modified: 21 Oct 2024 02:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5710

Actions (login required)

View Item
View Item