PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA TK B DI TK ISLAM DOA IBU TEMBALANG SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

UTARI, ANI (2021) PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA TK B DI TK ISLAM DOA IBU TEMBALANG SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANI UTARI.pdf] Text
ANI UTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANI UTARI. NPM 18156013. “Peningkatan Kemampuan Bercerita Pada Anak
melalui Media Boneka Tangan Pada Siswa TK B di TK Islam Doa Ibu Tembalang
Semarang” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah menyimak dan
membaca anak dalam bercerita dengan media boneka tangan TK B TK Islam Doa
Ibu masih belum berkembang secara optimal. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah Bagaimana Peningkatan Kemampuan Bercerita Pada Anak melalui Media
Boneka Tangan Pada Siswa Kelompok TK B di TK Islam Doa Ibu Tembalang
Semarang dengan tema tanaman dan binatang. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan kemampuan bercerita, 2) Untuk
meningkatkan kemampuan bercerita anak dengan melalui media boneka tangan
pada kelompok TK B di TK Islam Doa Ibu Tembalang Semarang dengan tema
Tanaman dan Binatang.
Setting penelitian ini adalah tempat penelitian di TK Islam Doa Ibu
Tembalang Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah anak
kelompok B yang berjumlah 9 anak TK Islam Doa Ibu Tembalang Semarang.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi
dan metode pengumpulan data.
Hasil penelitian adalah: berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pada
tindakan siklus I dan siklus II kemampuan bercerita anak sudah mengalami
perubahan yang positif. Hal ini dapat dilihat dari observasi yang menunjukkan
perubahan yang signifikan dari perolehan nilai belajar anak pada prasiklus dengan
indikator Mengerti perintah secara bersamaan, mengulang kalimat yang lebih
komplek, memahami aturan dalam suatu permainan, menjawab pertanyaan lebih
kompleks, menyusun kalimat sederhana, mengekspresikan ide, menyimak cerita
dengan baik, membaca buku cerita, memahami cerita dengan meragakan boneka
tangan, menyebutkan bentuk boneka tangan dengan nilai sangat baik 11,1% atau 1
anak, pada siklus I dengan indikator yang sama dengan nilai sangat baik 33,4%
atau 3 anak, dan pada siklus II dengan indikator yang sama dengan nilai baik
88,1% atau 8 anak. Dengan metode boneka tangan untuk peningkatan kemampuan
bercerita dapat dilihat perubahan dari hasil penelitian pada siklus II mencapai
nilai 88,1% dari nilai awal 11,1% . Dengan peningkatan yang optimal, maka
hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:39
Last Modified: 21 Oct 2024 02:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item
View Item