Fahmi, Mohamad Alif (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( Studi kasus di Sekolah Inklusi SMP Negeri 4 Kota Semarang ). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Mohamad Alif Fahmi 19230238.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Mohamad Alif Fahmi. NPM 19230238. “Implementasi pendidikan inklusi
terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SMP Negeri 4 Kota
Semarang“. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas
PGRI Semarang, 2023.
Penelitian di latar belakangi oleh kekurangan dalam pola berfikir anak
berkebutuhan khusus di SMP Negeri 4 Kota Semarang. Pada siswa dengan
berkebutuhan khusus terutama mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan, cenderung kurang pada saat materi pengetahuan dan tampak lebih
menonjol pada kegiatan keterampilan atau peraktik. Karena siswa dengan
berkebutuhan khusus di SMP Negeri 4 Kota Semarang tidak ada yang mengalami
disabilitas, sehingga pada saat kegiatan pelajaran jasmani olahraga dan kesehatan
terutama pada materi keterampilan cenderung lebih menonjol dibandingkan saat
menerima materi pengetahuan. Pelaksanaannya di SMP Negeri 4 Kota Semarang
baru ditahun 2020, namun masih belum sesuai dengan ketentuan yang ada. Tujuan
dari penelitian ini ialah : 1.) Untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya atau
adanya anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 4 Kota Semarang. 2.) Untuk
mengetahui bagaimana pendidikan inklusi yang di dapatkan anak berkebutuhan
khusus dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 4 Kota Semarang. 3.) Untuk
mengetahui bagaimana perlakuan yang diterima oleh siswa berkebutuhan khusus
dari guru PJOK dan siswa reguler baik dari pembelajaran, penilaian maupun
kegiatan yang ada di sekolah.
Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi kasus
dalam pendekatan dalam mencari data kualitatif yang akan memakai penelitian
kualitatif menggunakan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa implementasi pendidikan
inklusi terhadap anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 4 Kota Semarang
sudah dalam kategori baik. Bukti dari hasil penelitian ini bisa dilihat dari berjalan
dengan baiknya aspek-aspek seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam
program pendidikan inklusi tersebut.
Saran dari peneliti untuk program pendidikan inklusi : 1.) Perlu adanya
sosialisasi kepada guru atau tenaga pendidik terkait data siswa ABK beserta
hambatan, potensi dan bakat dari siswa ABK tersebut, 2.) Perlu adanya kurikulum
yang baku untuk menentukan capaian yang sesuai dengan kemampuan siswa
ABK, 3.) Perlu adanya pendanaan untuk membangun ruang sumber bagi siswa
ABK di SMP Negeri 4 Kota Semarang, 4.) Perlu adanya guru pembimbing khusus
(GPK) untuk mengawasi, membimbing, menjaga siswa ABK selama di
lingkungan sekolah hingga siswa ABK pulang atau dijemput orangtuanya.
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan khusus
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:19 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/568 |