PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIP TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMA N 1 JUWANA

Nuraini, Ulfatun (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIP TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMA N 1 JUWANA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI ulfatun nuraini 17110025.pdf] Text
SKRIPSI ulfatun nuraini 17110025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Ulfatun Nuraini NPM 17110025:” Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan
Teknik Talking Chip Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMA N 1 Juwana”.
Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang Tahun 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh angket kebutuhan peserta didik (AKPD)
yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Juwana. Berdasarkan hasil angket kebutuhan
peserta didik (AKPD) di SMA N 1 Juwana didapatkan hasil antara lain siswa
gagal menyesuaikan diri di sekolah terdapat 35, 30% dan itu termasuk yang paling
tinggi, siswa belum bisa memiliki kepekaan diri dan social terdapat 32,39%, siswa
sulit untuk belajar kelompok terdapat 32,99%, siswa jenuh dan enggan masuk
sekolah terdapat 31,93%, kurangnya etika dalam bergaul terdapat 31,95% .
peneliti kemudian melakukan wawancara untuk memperkuat data dari AKPD
yang didapati bahwa dari respon yang diwawancarai menyatakan masih rendah
dalam menyesuaikan diri.
Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment yang masuk
pada jenis penelitian kuantitatif. Metode true ekperimen menggunakan model
pretes dan posttes control grup design. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA-A
dan XI MIPA-B dan dengan jumlah 72 peserta didik. Sebagai kelas try out dipilih
dengan teknik random sampling yaitu XI MIPA-A. Kelas XI MIPA-B berjumlah
36 peserta didik digunakan kelompok ekperimen dan kelas XI MIPA-C berjumlah
36 digunakan sebagai kelompok.
Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh hasil t Hitung sebesar 3,086
sementara t tabel dengan db=(n1+n2)-2 = (10+10)-2 =18 dan taraf signifikansi
5%(0,05) sebesar 2,101 karena nilai sekor t hitung lebih besar dari t tabel maka
Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyesuaian diri siswa antara
kelompok eksperimen dan kelompok control. Dengan demikian menunjukkan
terdapat :” Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Talking Chip Terhadap
Penyesuaian Diri Siswa SMA N 1 Juwana”. Saran hendaknya guru bimbingan dan
konseling bagi siswa secara efektif dan optimal degan penggunaan berbagai
metode diantaranya memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik
talking chip tehadap penyesuaian diri.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Talking Chip Penyesuaian Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:15
Last Modified: 21 Oct 2024 02:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5672

Actions (login required)

View Item
View Item