LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMILIH KARIR PADA KELAS XI SMA NEGERI 3 PEMALANG

KRISNAWAN, GALUH YOGA (2021) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMILIH KARIR PADA KELAS XI SMA NEGERI 3 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of GALUH YOGA KRISNAWAN.pdf] Text
GALUH YOGA KRISNAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Galuh
Yoga
Krisnawan.
17110004.”LAYANAN
BIMBINGAN
KELOMPOK
DENGAN
TEKNIK
PROBLEM
SOLVING
UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMILIH KARIR
PADA KELAS XI SMA NEGERI 3 PEMALANG”. Skripsi program studi
bimbingan dan konseling fakultas ilmu pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dra.Tri Suyati, M.P.d. pembimbing II Ismah, S.Ag., M.Pd. Juni
2021.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya
meningkatkan kemampuan siswa dalam memilih karir melalui layanan bimbingan
kelompok dengan teknik problem solving dikelas XI SMA Negeri 3 Pemalang.
tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
memilih karir melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem
solving.
Berdasarkan perhitungan Uji t diperoleh hasil thitung 3,23 dan ttabel 2,110 atau
bisa ditulis thitung > ttabel 3,23 > 2,110. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
ha diterima h0 ditolak dan 3,23 adalah signifikan pada taraf signifikan 5%. Atas
dasar perhitungan tersebut maka hipotesis yang berbunyi terdapat layanan
bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam meningkatkan
kemampuan siswa dalam memilih karir pada siswa kelas XI SMA Negeri 3
Pemalang diterima pada taraf signifikan 5 %.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode True Experiment
dengan model pretest postest group design. dengan 33 siswa untuk kelas Try out
yaitu kelas XI IPS 1 dan 34 siswa kelas XI IPS 2 yang nanti akan dijadikan
sampel penelitian. Dengan rincian dibagi menjadi dua yang satu kelas kontrol
yang berjumlah 17 siswa yang satunya kelas experiment yang berjumlah 17 siswa.
Yang pembagiannya menggunakan hasil pretest.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa ada perbedaan signifikan antara
kelompok experiment yang menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan
teknik problem solving dengan kelompok kontrol yang tanpa layanan. hasilnya
sebagai berikut diperoleh hasil thitung 3,23 dan ttabel 2,110 atau bisa ditulis thitung >
ttabel 3,23 > 2,110. Dengan demikian ha diterima h0 ditolak dan 3,23 adalah
signifikan pada taraf signifikan 5%.
Saran peneliti kepada guru BK di sekolah alangkah baiknya memberikan
layanan bimbingan kelompok yang berkenaan dengan pemilihan karir.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving, Karir
Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:13
Last Modified: 21 Oct 2024 02:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item
View Item