PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 6 BOJA

VASSYA, FEMALYYA NOVEDA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 6 BOJA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of FEMALYYA NOVEDA VASSYA 19120167.pdf] Text
FEMALYYA NOVEDA VASSYA 19120167.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Femalyya Noveda Vassya NPM 191120167. “Pengaruh Media Pembelajaran
Kahoot Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 6 Boja”. Skripsi. Program
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd dan Dosen
Pembimbing II Ikha Listyarini, M.Hum. 2023.
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar siswa
pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 6 Boja. Dalam hal ini disebabkan
karena rendahnya kemampuan siswa dalam memahami pelajaran matematika dan
cara guru menyampaikan materi kepada siswa yang masih bersifat ceramah.
Sehingga mengakibatkan siswa malas untuk belajar dan berdampak pada
presenatse hasil belajar yang rendah.
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media
pembelajaran Kahoot terhadap minat belajar siswa kelas V. selain itu Tujuan yang
ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perubahan
belajar siswa pada metode pembelajaran guru sebelumnya dengan metode setelah
dilakukan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran Kahoot di kelas V
SDN 6 Boja.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre�experimental design dan tipe one-group pretest-posttest design. Untuk populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 6 Boja. Dengan sampel yang
digunakan yaitu pada kelas V yang berjumlah 25 siswa (12 siswa laki-laki dan 13
siswa perempuan). Data penelitian diperoleh dari angket, observasi, tes,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pretest sebesa 70 dan rata-rata
posttest sebesar 80. Berdasarkan hasil analisis data uji independent sample t-test
dengan df = N-1=25-1 = 24, taraf signifikansi 0,05. Maka diperleh thitung = 3,074,
ttabel = 1,708, diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,005 < 0,05 yang artinya terdapat
perbedaan antara nilai rata-rata sebelum adanya perlakuan dan sesudah adanya
perlakuan. Untuk ketuntasan belajar apabila siwa memenuhi nilai KKM 75 maka
siswa dinyatakan tuntas. Maka pada kegiatan pretest presentase yang muncul
adalah 60% tuntas, sedangkan pada kegiatan posttest presentase yang muncul
adalah 100% tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan media
pembelajaran Kahoot berpengaruh pada minat belajar siswa kelas V SDN 6 Boja.
Berdasarkan hasil penelitian disampaikan bahwa penggunaan media
pembelajaran akan meningkatkan minat belajar pada diri siswa. Dimana siswa
akan lebih menyukai pembelajaran yang inovatif, kekinian dan hal baru yang
viii
belum pernah siswa lakukan. Sehingga mampu mendorong siswa agar terus
bersemangat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:19
Last Modified: 08 Jan 2024 07:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item
View Item