HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SEMARANG

KUSUMA, GALUH OCTAVIO INDRA (2021) HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of GALUH OCTAVIO.pdf] Text
GALUH OCTAVIO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Galuh Octavio Indra Kusuma, NPM 15110151: “Hubungan Antara
Percaya Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 6
Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembibing I Dr. Dini Rakhmawati
M.Pd, pembimbing II Ismah S.Ag.,M.Pd .2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara percaya diri
dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 6 Semarang. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Subyek penelitian
adalah siswa SMP Negeri 6 Semarang, khususnya kelas VII B, VII C dan VII D
yang berjumlah 93 siswa. Penentuan subyek penelitian menggunakan sample
jenuh, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan hasil dari
AKPD guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 6 Semarang
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1)
Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara percaya diri dengan
komunikasi interpersonal siswa. Dibuktikan bahwa Fhitung > 0,05 atau 0,256 >
0,05, maka dapat disimpulkan kedua data tersebut homogen. (2) Terdapat
hubungan linier antara percaya diri dengan komunikasi interpersonal. Dibuktikan
dengan nilai hasil linieritas percaya diri dengan komunikasi interpersonal yaitu
0,134 > 0,05. (3) Nilai koefisien regresi variabel konsep diri sebesar 0,348
menunjukan jika variabel percaya diri meningkat, maka komunikasi interpersonal
semakin meningkat. Dengan presentase sebesar 34,8%. Nilai koefisien
determinasi R2 yang dihasilkan sebesar 0,123 yang berarti bahwa sebesar 12,3%
komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh percaya diri, sedangkan sisanya 87,7%
dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Sebaiknya Guru BK memberikan layanan bimbingan konseling kepada siswa
sesuai dengan kebutuhan siswa. Siswa yang memiliki kategori tinggi hendaknya
diberikan konseling individu sedangkan siswa yang memiliki kategori sedang
diberikan layanan bimbingan kelompok atau konseling kelompok. Sesuai dengan
kebutuhan siswa saat itu.
Kata kunci : Percaya Diri, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:10
Last Modified: 21 Oct 2024 02:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5667

Actions (login required)

View Item
View Item