EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING TEMATIK KELAS 1 SD SAWAH BESAR 01 SEMARANG

CAHAYA, ANANDA ARUM (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING TEMATIK KELAS 1 SD SAWAH BESAR 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ananda Arum Cahaya_17120257.pdf] Text
Ananda Arum Cahaya_17120257.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ananda Arum Cahaya. NPM 17120257. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi
Quizizz dalam Pembelajaran Daring Tematik Kelas 1 SD Sawah Besar 01
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn,
M.Pd. dan Henry Januar Saputra, S.Pd, M.Pd. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menurunnya semangat belajar anak-
anak, terlambatnya siswa dalam mengumpulkan tugas, kebosanan pada siswa
dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran yang kurang efektif berdampak
pada prestasi belajar berupa nilai tes yang kurang maksimal.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana
efektifitas penggunaan aplikas Quizizz pada kegiatan penutupan pembelajaran
daring tematik yang ditinjau dari peserta didik, orang tua dan guru? (2)
Bagaimana efektifitas penggunaaan aplikas Quizizz pada pembelajaran tematik
melalui daring ditanjau dari prestasi belajar berupa nilai tes peserta didik ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan model sequential (urutan)
yang termasuk dalam metode kombinasi. Creswell menyatakan metode kombinasi
adalah suatu penelitian ilmiah yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan
kualitatif. Penelitian ini diperoleh melalui sumber data guru kelas 1B, 25 siswa
beserta orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti
meliputi nilai tes siswa, angket, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis
mengunakan uji prasyarat analisis data tes, mengunakan skala likert dalam
menghitung kuesioner,dan dan penyampaian wawancara secara deskriptif.
Diperoleh thitung = 4,269 dan nilai 711. Karena nilai | | >
maka tolak . Jadi, Pengunaan aplikasi Quizizz pada pembelajaran daring
tematik efektif terhadap peningkatan nilai siswa kelas 1 SDN Sawah Besar 01
Semarang. perhitungan angket yang diisikan siswa dengan orang tua sebesar
73,1% dimana nilai tersebut masuk ke kriteria baik. Sedangkan perhitungan
angket guru/wali kelas mencapai 95% dimana nilai tersebut masuk ke kriteria
sangat baik. Data angket pun juga mendapat dukungan dari hasil wawancara yang
sebagian besar mendapatkan respon positif.
Saran yang disampaikan hendaknya guru lebih inovatif dan bervariasi
dalam pelaksanaan pembelajaran, salah satunya dengan aplikas Quizizz ini
sebagai penumbuh semangat siswa, serta menjadikan pembelajaran daring yang
efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:56
Last Modified: 21 Oct 2024 01:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5652

Actions (login required)

View Item
View Item