RIZKIAWATI, ANA (2021) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELAUI MEDIA PELEPAH PISANG PADA ANAK KELOMPOK B DI RA KARAKTER SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ANA RIZKIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ANA RIZKIAWATI. NPM 18156058. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak
Melalui Media Pelepah Pisang Pada Anak Kelompok B Di RA Karakter ”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Di RA Karakter
Semarang menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak masih kurang, ini
terlihat dari banyak orang tua mengatur aktivitasnya justru akan mengurangi
kreativitas anak di rumah, kebanyakan mainan anak – anak pun dibuat hanya
dengan satu instruksi, anak belum bisa dan mampu menyesuaikan rasa percaya
diri dengan lingkungan sekolah, selain itu ketika melakukan kegiatan masih
banyak anak meminta bantuan dan belum berani mengambil keputusan untuk
kegiatan di sekolah. Meskipun guru sudah menyiapkan permainan dengan media.
Guru berperan sebagai fasilitator bagi tumbuh kembang kreativitas anak melalui
berbagai kegiatan, namun upaya tersebut belum mampu mengembangkan
kreativitas anak secara menyeluruh. Anak-anak kurang nya fokus pada permainan
yang disiapkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang dimulai
dari Minggu ke-1 tanggal 29 Maret sampai 31 Maret 2021, Minggu ke-2 tanggal 5
April 2021 sampai 7 April 2021. Subyek penelitian adalah anak kelompok B yang
berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus.
Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2)
melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil
pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang
telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan
teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak dapat
ditingkatkan menggunakan media pelepah pisang. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya jumlah anak yang menunjukan kemampuan kreativitas dalam
setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan
terdapat 2 anak atau 13,4% yang menunjukan kemampuan kreativitas dengan
penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 12 anak atau 80% yang dapat
menunjukkan kemampuan kreativitasnya dengan baik. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan
kreativitas kelompok B di RA Karakter Kota Semarang Tahun Pelajaran
2020/2021 dapat ditingkatkan melalui media pelepah pisang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:51 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5647 |