IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI EKSTRAKURIKULER TARI DI SD NEGERI WOTAN 02 KABUPATEN PATI

ADELIA, ISNANDIA MARSHA (2023) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI EKSTRAKURIKULER TARI DI SD NEGERI WOTAN 02 KABUPATEN PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Isnandia Marsha Adelia 19120098.pdf] Text
Isnandia Marsha Adelia 19120098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang Masalah dari penelitian ini adalah Profil Pelajar Pancasila yang
dapat diimplementasikan di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan
ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolah merupakan salah satu media yang
dapat meningkatkan mutu akademik serta pembentukan karakter pada peserta didik.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran
untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi yang sesuai minat,
bakat, dan kebutuhan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler dibina oleh pendidik
atau tenaga pendidik yang memiliki kemampuan dan memiliki kewenangan di
sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler diharapkan mampu mengembangkan
kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial serta potensi yang dimiliki oleh peserta
didik.
Rumusan Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana
Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Ekstrakurikuler Tari di SD Negeri
Wotan 02 Kabupaten Pati”. Aadapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Ekstrakurikuler Tari di
SD Negeri Wotan 02 Kabupaten Pati.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan triangulasi
sumber.
Hasil Analisis yang dideskripsikan yaitu Implementasi Profil Pelajar Pancasila
melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di SD Negeri Wotan 02 Kabupaten Pati cukup
baik. Profil Pelajar Pancasila yang diteliti memiliki 6 unsur dalam menguatkan
Profil Pelajar Pancasila dalam diri siswa yaitu Beriman Bertakwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar
Kritis, dan Kreatif.
Saran bagi Pembina sebaiknya menambahkan penguatan pada elemen kreatif
dan bernalar kritis. Saran bagi guru sebaiknya juga mengimplementasikan Profil
Pelajar Pancasila pada pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Saran bagi
sekolah sebaiknya mendukung adanya implementasi Profil Pelajar Pancasila yang
dilaksanakan pada kegiatan yang terdapat di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:16
Last Modified: 08 Jan 2024 07:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item
View Item