MUSANNADAH, FITRIA (2021) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI PENINGKATAN KECANDUAN GADGET SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP SISWA MTs MISBAHUL FALAH KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FITRIA MUSANNADAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
FITRIA MUSANNADAH. NPM 17110002 “Efektivitas Layanan
Konseling Kelompok untuk Mereduksi Peningkatan Kecanduan Gadget saat
Pandemi Covid-19 terhadap Siswa MTs Misbahul Falah Kabupaten Pati”.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2021. Dosen Pembimbing I Dr. Heri Saptadi
Ismanto, S.Pd., M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing II Dra. Tri Hartini, M.Pd.,
Kons.
Latar belakang penelitian yang mendorong penelitian ini adalah tingginya
kecanduan gadget yang dialami oleh siswa MTs Misbahul Falah Kabupaten Pati.
salah satu alternatif yang dapat diberikan untuk mereduksi kecanduan gadget yang
dialami siswa adalah dengan memberikan layanan konseling kelompok. Masalah
pokok yang dikaji adalah apakah layanan konseling kelompok dapat secara efektif
dalam mereduksi kecanduan gagdet yang dialami oleh siswa MTs Misbahul Falah
Kabupaten Pati? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas
Layanan Konseling Kelompok untuk Mereduksi Peningkatan Kecanduan Gadget
pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Siswa Kelas VII MTs Misbahul Falah
Kabupaten Pati.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain True Experimental
yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII A yang memiliki persentase kecanduan gadget yang tinggi.
Teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data
menggunakan skala kecanduan gadget.
Hasil pretest skor rata-rata kecanduan gadget kelompok eksperimen
sebesar 134, sedangkan kelompok kontrol sebesar 116,29. Setelah diberikan
treatment layanan konseling kelompok kepada kelompok eksperimen, kecanduan
gadget siswa mengalami penurunan dari 134, setelah diberikan treatmen menjadi
71. Berdasarkan uji hipotesis uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 49,477. Dan ttabel
diperoleh dari (nk – 1) + (ne -1) - 1 =, atau (7-1) + (7-1) -1 = 6 + 6 – 1 = 11 sebesar
1,796 pada taraf signifikansi 5%. Berarti thitung (49,477)>ttabel (1,796). Maka
artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan layanan konseling
kelompok efektif dalam mereduksi kecanduan gadget siswa MTs Misbahul Falah.
Adapun perbedaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol karena
adanya perlakuan atau treatmen pada kelompok eksperimen dengan menggunakan
layanan konseling kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu:
hendaknya guru pembimbing dapat memberikan layanan konseling kelompok
secara rutin di sekolah.
Kata Kunci: Kecanduan Gadget, Layanan Konseling Kelompok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 01:56 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5611 |