PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI TIC-TAC-TOE DAN CATCH & RUSH TERHADAP HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK SISWA SMA NEGERI 1 COMAL

Hilmy, Farhan Rifdatul (2023) PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI TIC-TAC-TOE DAN CATCH & RUSH TERHADAP HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK SISWA SMA NEGERI 1 COMAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Farhan Rifdatul Hilmy 19230187.pdf] Text
Farhan Rifdatul Hilmy 19230187.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Farhan Rifdatul Hilmy. “Pengaruh Permainan Modifikasi Tic-Tac-Toe dan Catch
& Rush Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Siswa SMA Negeri 1 Comal”.
Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang,
2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mendapatkan nilai
lari jarak pendek dibawah KKM atau belum tuntas serta guru yang menerapkan
metode pembelajaran yang monoton atau kurang bervariasi. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan permainan modifikasi
Tic-Tac-Toe dan Catch & Rush terhadap hasil belajar lari jarak pendek siswa
SMA Negeri 1 Comal. Sehubungan dengan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui adakah pengaruh permainan modifikasi Tic-Tac-Toe dan
Catch & Rush terhadap hasil belajar lari jarak pendek siswa SMA Negeri 1 Comal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini ialah Two Groups Pretest- Posttest Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Comal. Pengambilan sampel
pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini ialah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 35 siswa dan kelas
XII IPS 4 yang berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini teknik
analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis.
Hasil analisis uji t treatment permainan Tic-Tac-Toe dan Catch & Rush
diperoleh nilai signifikansi 2-Tailed : 0,000, dari hasil tersebut menunjukan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal dan variabel akhir. Terjadi
peningkatan nilai mean atau rata-rata kelas yang diberikan treatment permainan
modifikasi Tic-Tac-Toe dari pretest sebesar 73,71 menjadi posttest sebesar 85,83
dengan kata lain terjadi peningkatan sebesar 16% dan peningkatan nilai mean atau
rata-rata kelas yang diberikan treatment permainan modifikasi Catch & Rush dari
pretest sebesar 72,34 menjadi posttest sebesar 87,69 yang berarti terjadi
peningkatan sebesar 21%.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh yang signifikan
penerapan permainan modifikasi Tic-Tac-Toe dan Catch & Rush terhadap hasil
belajar lari jarak pendek siswa SMA Negeri 1 Comal. Peningkatan hasil belajar lari
jarak pendek dengan treatment permainan Catch & Rush lebih tinggi dengan hasil
21% dibandingkan dengan treatment permainan Tic-Tac-Toe dengan hasil 16%.
Saran peneliti bagi guru ialah agar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif
dalam menyusun metode pembelajaran menggunakan permainan modifikasi Tic�Tac-Toe dan Catch & Rush dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Lari Jarak Pendek, Tic-Tac-Toe dan Catch & Rush

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:14
Last Modified: 08 Jan 2024 07:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item
View Item