PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UDERSTANDING (TGFU) DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JUWANA

Sukmaningaji, Melynia Evianti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UDERSTANDING (TGFU) DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JUWANA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Melynia Evianti Sukmaningaji 18230221.pdf] Text
Melynia Evianti Sukmaningaji 18230221.pdf

Download (3MB)

Abstract

Melynia Evianti Sukmaningaji. NPM 18230221. “Pengaruh Model
Pembelajaran Teaching Game for Understanding (TGFU) dan Role Playing
Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket SMP Negeri 2 Juwana”. Program
Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2023. Latar
belakang kurangnya siswa menguasai shooting pada bola basket sehingga hasil
shooting kurang maksimal dikelas VII SMP N 2 Juwana. Tujuan penelitian guna
mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran teaching game for
understanding (TGFU) dan role playing pada shooting bola basket kelas VII SMP
N 2 Juwana.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen
(quasi experiment). Populasinya merupakan kelas VII SMP N 2 Juwana,
sampelnya siswa kelas VII D dan VII I dengan sampel 64 siswa, dengan
melakukan penelitian berupa pengamatan secara langsung. Menggunakan teknik
Analisa data pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan hasil belajar shooting
bola basket menggunakan teaching game for understanding (TGFU) meningkat
sebesar 55% dan hasil belajar shooting menggunakan role playing meningkat
sebesar 38%.
Berdasarkan hasil uji hipotesis perbandingan terhadap pengaruh signifikan antara
pengaruh model pembelajaran teaching game for understanding (TGFU) dan role
playing terhadap hasil belajar shooting bola basket siswa kelas VII SMP N 2
Juwana. Berdasarkan hasil rata-rata N-Gain pada kelompok TGFU sebesar 62.2%
dikategori cukup efektif dengan skor minimal 41.86% dan maksimal 85.71%.
Sementara rata-rata N-Gain pada kelompok role playing sebesar 55.4% dikategori
kurang efektif dengan skor minimal 31.37% dan maksimal 89.58%.
Dapat disimpulkan penggunaan teaching game for understanding (TGFU) dan
role playing berpengaruh pada hasil belajar shooting bola basket siswa kelas VII
D dan VII I di SMP N 2 Juwana. Peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya
untuk menambahkan model pembelajaran TGT, STAD, atau model pembelajaran
yang lainnya.
Kata kunci: Teaching Game for Understanding, Role Playing, Hasil Belajar
Shooting

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:12
Last Modified: 08 Jan 2024 07:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item
View Item