PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIPS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 RAWALO TAHUN AJARAN 2021/2022

ZULFIANINGRUM, AGUSTINA (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIPS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 RAWALO TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AGUSTINA ZULFIANINGRUM.pdf] Text
AGUSTINA ZULFIANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

AGUSTINA ZULFIANINGRUM. NPM 17110100. “Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking Chips Terhadap Kemampuan
Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rawalo Tahun Ajaran
2021/2022”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu
Pendidikan
Universitas
PGRI
Semarang
2021.
Dr.
Heri
Saptadi
Ismanto,.S.Pd.,M.Pd.,Kons, Dra.Tri Hartini.M.Pd.Kons.
Latar belakang yang mendrong penelitian ini dilakukan berdasarkan
fenomena yang ditemukan di kelas IX SMP Negeri1 Rawalo yang menunjukan
rendahnya kemampuan komunikasi interpersonal siswa.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah terkait kemampuan
komunikasi interpersonal siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rawalo. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik
talking chips terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas IX SMP
Negeri 1 Rawalo. Jenis penelitian ini kuantitatif dalam bentuk pre experimental
design dengan desain one group pre test and post test design. Populasi yang
digunakan adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rawalo tahun ajaran 2021/2022.
Sampel diambil menggunakan purposive sampling yang diambil sebanyak 10
siswa, Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berupa
skala psikologi kemampuan komunikasi interpersonal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap kemampuan komunikasi
interpersonal siswa sebelum dan setelah diberikan treatment berupa layanan
bimbingan kelompok dengan teknik talking chips mengalami peningkatan sebesar
13,27%. Teknik talking chips dapat digunakan untuk menjadikan siswa
memahami akan kemampuan komunikasi interpersonal pada dirinya. Selain itu
diperoleh data melalui uji Wilcoxon pairs match dengan n=8 taraf signifikan 5%
didapatkan Thitung>Ttabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya
bahwa setelah diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan
teknik talking chips terdapat peningkatan sikap kemampuan komunikasi
interpersonal siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rawalo.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
Guru BK di sekolah meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal untuk
melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips yang
bertujuan untuk meningkatkan sikap kemampuan komunikasi interpersonal siswa.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Talking Chips, Komunikasi
Interpersonal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:48
Last Modified: 15 Oct 2024 04:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5476

Actions (login required)

View Item
View Item