SATYA, RANGGA ADI (2021) KEEFEKTIFAN MEDIA E-MAGAZINE BERBASIS ANDROID KELAS V DI SD NEGERI CANDI 01 KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Skripsi Rangga Adi Satya.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
RANGGA ADI SATYA. NPM 16120464 “Keefektifan Media E-Magazine
Berbasis Android kelas V SD N Candi 01 Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang.2020. Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd., Ikha Listyarini, S.Pd.,
M.Hum.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang dimanfaatkannya
penggunaan Media berbasis Teknologi dalam hal ini yaitu media E-magazine
berbasis Android. Kurangnya pemanfaatan sumber belajar yang digunakan guru
dan peserta didik maka sumber belajar dan media pembelajaran perlu
dikembangkan dan dikelola secara sistematis, bermutu dan fungsional serta
mengikuti perkembangan jaman.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan sumber
belajar yang berbasis teknologi dalam hal ini E-Magazine berbasis Android yang
digunakan guru dan peserta didik Apakah media E-Magazine berbasis android
efektif terhadap pembelajaran siswa kelas V SD N Candi 01 Kota Semarang?
Bagaimanakah hasil belajar dari siswa kelas V SD N Candi 01 dengan
digunakannya media E-magazine berbasis android ? Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media e-
magazine berbasis android efektif untuk pembelajaran siswa kelas V SD N Candi
01 Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain pre-
experimental bentuk one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas V SD N Candi 01 Kota Semarang dengan pengumpulan data
melalui angket motivasi belajar dan Tes.
Hasil penelitian menunjukan Berdasarkan hasil penelitian di SD N Candi 01
Kota Semarang pembelajaran Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana
Tubuh Mengolah Makanan dengan menggunakan media e-magazine berbasis
android tehadap hasil belajar siswa kelas V dengan hasil rata-rata pada Pretest 69
dan hasil posttest 89, sedangkan hasil uji Gain terdapat 0.612903 kategori “sedang”.
Sehingga terdapat peningkatan hasil belajar setelah mendapatkan pembelajaran
dengan menggunakan media pembelajaran E-Magazine berbasis android.
Berdasarka hasil perhitungan uji normalitas gain diperoleh 1490. Untuk
kemuadian menghitung nilai t-hitung. Dengan demikian, diperoleh t hitung adalah
4,67 > t table 2,262 untuk 5% dan t hitung 4,67 > t table 3,250 untuk 1%. t-hitung
> t- table yang berarti artinya Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan
Saran penggunaan media e-magazine berbasis android perlu di kembangkan
kembali dalam pembelajaran dikelas. Serta perlu diadakannya penelitian lebih
mendalam mengenai penggunaan media e-magazine berbasis android untuk
menyempurnakan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:12 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5444 |