FAROID, FATIHA FADHILATUNNISA (2023) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE SAS BERBANTU MEDIA KARTU KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN BACA ANAK KELAS 2 SD NEGERI 2 BALERAKSA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
FATIHA FADHILATUNNISA FAROID 19120426.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 2
Baleraksa. Hasil belajar yang rendah bisa dilihat dari hasil UTS (Ulangan Tengah
Semester) yakni terdapat 7 siswa yang belum tuntas dan 15 siswa yang sudah
tuntas dengan KKM sebesar 70. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena
proses pembelajarannya masih bersifat konvensional, kegiatan berlum kreatif
sehingga menyebabkan kurangnya aktivitas yang dilakukan oleh siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Baleraksa tahun pelajaran
2022/2023 yang terdiri dari 22 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui
wawancara, dokumentasi, observasi, angket dan tes. Data hasil analisis
menunjukkan bahwa: (1) metode SAS berbantu media kartu kalimat efektif
digunakan saat pembalajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan baca anak di
kelas II SD N 2 Baleraksa. (2) metode SAS mencapai KKM dibuktikan dengan
hasil perhitungan diperoleh bahwa siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal
sebesar 95.45%.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
metode SAS dapat digunakan sebagai alternative guru dalam proses pembelajaran
sehingga efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 2
Baleraksa.
Kata Kunci : Keefektifan, Metode SAS, Kartu Kalimat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:23 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/543 |