KHUSNAYA, FAMISA ARY (2021) ANALISIS METODE INQUIRY DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PUSAT UNGGULAN PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FAMISA ARY KHUSNAYA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
FAMISA ARY KHUSNAYA. NPM 17150022. “Analisis Metode Inquiry
Dalam Menumbuhkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Pusat Unggulan PAUD
Taman Belia Candi Semarang”. Skripsi. Progran Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Universitas PGRI Semarang. 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode Inquiry dalam
menumbuhkan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun. Kreativitas merupakan salah
satu aspek penting yang harus dimiliki seorang individu terutama dalam kehidupan di
era 21 yang penuh dengan tantangan dan masalah yang tentunya mengharuskan
individu
memiliki
ketrampilan
atau
kecakapan
dalam
menghadapi
dan
menyelesaikan tantangan di masa yang akan datang, tentunya kreativitas sangat perlu
dilatih agar sesorang atau individu memiliki kreativitas bahkan sejak ia berusia dini,
kreativitas itu sendiri memiliki pengertian adalah suatu kemampuan yang dimiliki
seseorang untuk menemukan dan menciptakan suatu hal baru dalam rangka
memecahkan sebuah masalah yang dihadapi, dengan cara–cara baru, atau model
baru yang berguna bagi dirinya dan masyarakat.
. Pada penelitian ini peneliti mencoba untuk menganalisis metode Inquiry yang
telah diimplementasikan di Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang,
apakah efektif untuk menumbuhkan kreativitas pada anak usia dini. Metode Inquiry
artinya proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses
berpikir secara sistematis.
Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dimana
peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan
secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan),
analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih
menekankan makna dari pada generalisasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti di Pusat
Unggulan PAUD taman Belia Candi Semarang, dapat disimpulkan bahwa anak-anak
didik di Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang memiliki kreativitas
yang sangat baik khususnya anak usia 5-6 tahun, karena sekolah menerapkan
metode Inquiry sejak sekolah didirikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:56 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5428 |