FAKTOR YANG MENGHAMBAT PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING

ALIMAH, NURUL (2021) FAKTOR YANG MENGHAMBAT PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI Nurul Alimah (16110049).pdf] Text
SKRIPSI Nurul Alimah (16110049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NURUL
ALIMAH.
16110049.
“Faktor
yang
Menghambat
Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Di
Universitas PGRI Semarang”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.Dosen Pembimbing I Dr. Dini
Rakhmawati, M.Pd . Dosen Pemimbing II MA Primaningrum Dian, S.Psi., M.Psi.,
Psikolog. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang
memunculkan berbagai permasalahan khususnya perekenomian di Indonesia yang
menjadi merosot dan berakibat pula pada sistem pendidikan maka untuk
memutuskan penyebaran covid-19 diberlakukannya pembelajaran jarak jauh
sehingga mahasiswa diharuskan melaksanakan pembelajaran secara daring.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh
gambaran faktor yang meghambat pembelajran daring mahasiswa di Universitas
PGRI Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
mengetahui bagaimana faktor penghambat perkuliahan daring mahasiswa selama
perkuliahan daring di rumah apakah mampu memuncul perilaku yang positif atau
bahkan memunculkan perilaku yang negatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling di
Universitas PGRI Semarang sebanyak 3 mahasiswa dan 3 dosen. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa faktor
penghambat pembelajaran daring mahasiswa dengan mahasiswa lainnya berbeda-
beda, secara keseluruhan faktor menghambat pembelajaran daring yaitu
kemampuan diri, fasilitas, dan lingkungan. Subjek yang mampu mengelola
hambatan dengan baik akan mampu menunjukan perubahan-perubahan perilaku
yang positif dalam proses belajar sedangkan subjek yang belum mampu
mengelola hambatan menunjukan perubahan perilaku dalam proses belajar yang
negatif.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya mahasiswa maupun dosen
lebih sering melakukan komunikasi agar terjalin kedekatan sehingga mampu
mengatasi permasalahan selama proses pembelajaran daring seperti kesulitan
pembelajaran atau metode yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:31
Last Modified: 15 Oct 2024 03:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5408

Actions (login required)

View Item
View Item