NOVANTI, ADHELIA YUSI (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA N 1 MOGA PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ADHELIA YUSI NOVANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Adhelia Yusi Novanti NPM 17110052 “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Modelling terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI
SMA N 1 Moga” Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I: Dr.Dini Rakhmawati, M.Pd. Pembimbing II Farikha Wahyu
Lestari, M.Pd Oktober 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya perencanaan karir siswa. Bentuk
dari rendahnya perencanaan karir siswa antara lain: siswa belum terpenuhinya
informasi
tentang
perencanaan
karir,
siswa
masih
mengikuti
arahan
orangtua/teman sebayanya dalam perencanaan karir, siswa masih kebingungan
antara bekerja, melanjutkan pendidikan atau menikah, guru BK belum pernah
memberikan layanan bimbingan kelompok dengan tema perencanaan karir siswa.
Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan perencanaan karir siswa adalah
layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling. Masalah pokok yang
dikaji adalah apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik
modelling terhadap perencanaan siswa kelas XI SMA N 1 Moga.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain true eksperimental
pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI MIPA SMA N 1 Moga yang berjumlah 134 siswa. Sampel yang
digunakan terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol
masing-masing berjumlah 10 siswa. Teknik yang digunakan yaitu reabilitas dan
validitas. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis perencanaan karir.
Hasil Berdasarkan tabel uji independent sampel test nilai Sig.(2-Tailed)
0,000 < 0,05 taraf signifikan 5%. Atas dasar perhitungan data tersebut maka
hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik modelling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA N 1 Moga”
diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.
Saran dari peneliti kepada pihak sekolah dan guru pembimbing hendaknya
perlu mengoptimalkan program layanan bimbingan dan konseling dengan
memberikan pelayanan berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi siswa
khususnya
layanan
bimbingan
kelompok
dengan
teknik
modellingatau
menggunakan teknik lainnyasehingga tujuan pemberian layanan dapat tercapai
secara optimal dan terlaksana dengan baik.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Perencanaan
Karir
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:13 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5400 |