YULIA, NITA (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PEMECAHAN MASALAH DENGAN MEDIA BALOK DOMINO PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI 34 PATEMON GUNUNGPATI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI NITA YULIA 18156070.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Nita Yulia. NPM 18156070. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Pemecahan Masalah Dengan Media Balok Domino Pada Kelompok B Di TK
PERTIWI 34 Patemon Gunungpati Semarang ”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang. 2020
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan anak dalam memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan
sehari-hari dengan cara fleksibel. Keterampilan memecahkan masalah merupakan
bekal untuk anak mengatas kesulitan atau menghadapi hambatan dalam kehidupan
sehari-hari baik di rumah, di sekolah maupun kelak menjadi dewasa di lingkungan
masyarakat. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah pada anak kelompok B di
TK Pertiwi 34 dengan menggunakan Media balok domino. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal selama 6 pertemuan dalam 2
minggu yang dimulai dari tanggal 7 Desember sampai 16 Desember 2020. Subyek
penelitian adalah anak kelompok TK B yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari
10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan
pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus
dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian
tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah dapat
ditingkatkan dengan menggunakan media balok domino. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan memecahkan
masalah dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada
awal tindakan terdapat 6% dengan kemampuan yang baik, siklus I memperoleh
25% dan siklus II meningkat menjadi 81% dengan kemampuan yang baik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa
kemampuan memecahkan masalah kelompok B di TK Pertiwi 34 Patemon dapat
ditingkatkan dengan menggunakan media balok domino.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:41 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5372 |